Plastik... Makanan Terlezat Abad Ini

Oleh: Dr. Sabam JMT Simatupang
Perhatikan tempat makanan/minuman anda yang terbuat dari bahan plastik. Lihat bagian bawah wadah. Standart wadah plastik tempat makanan dan minuman dari bahan plastik harus mencantumkan kode resin plastik sehingga orang dapat menggunakannya sesuai kemampuan bahan plastik tsb. Bila tidak maka dapat mengakibatkan “bermigrasinya/lumer/larutnya” bahan2 plastik berbahaya ke dalam darah kita.Bisa terjadi gangguan penyakit saraf/hormonal, s/d kanker.

Umumnya Kode dibawah wadah terdapat dalam tanda segitiga “recycling” mulai dari angka 1 dengan notasi huruf “PET/PETE”, angka 2 notasi huruf “HDPE”, angka 3 notasi huruf “PVC/V”, angka 4 notasi huruf “LDPE”, angka 5 notasi huruf “PP”, angka 6 notasi huruf “PS”, angka 7 notasi huruf “OTHERS”. adalah dengan Kode 1, 2, 3, 6 dan 7 sangat mungkin mengeluarkan bahan-bahan plastik berbahaya ke dalam makanan apabila digunakan untuk menaruh/menyimpan makanan/minuman panas.

Wadah dengan kode angka 1 biasanya untuk botol air mineral : jangan kena panas (matahari), jangan diisi air setengah panas/panas, cukup 1 kali pakai saja.

Wadah dengan kode angka 2 biasanya untuk botol obat/jamu/cairan industri, warna putih susu atau warna lain, konsistensi keras. Jarang untuk tempat air minum. : jangan kena panas (matahari), jangan diisi air setengah panas/panas, cukup 1 kali pakai saja.

Wadah dengan kode angka 3 biasanya sebagai plastik kresek/plastik assoy, plastik penutup makanan di hotel/restoran/pesta (cling wrap). Kalo digunakan untuk membungkus makanan seperti goreng panas, bakso panas…berarti anda mendapat tambahan menu baru :” goreng pisang + plastik”, atau “bakso + plastik”.

Wadah dengan kode angka 4 biasanya lumayan baik untuk makanan/bahan cair spt kecap. saus, (bukan TEMPAT minuman) selama tidak panas.

Wadah dengan kode angka 5 “PP” adalah YANG TERBAIK untuk tempat makanan dan minuman anda. CARILAH wadah plastik dengan kode ini. TERUTAMA UNTUK BOTOL MINUMAN BAYI ANDA…!! Bisa direbus, dicuci berulang-ulang. Plastiknya berwarna transparan yang tidak jernih atau berawan.

Wadah dengan kode angka 6, biasanya untuk tempat makanan katering tdd dr bahan styrofoam. Bahan styrofoam ini bahan berbahaya bagi otak dan sistem syaraf manusia. Bahan ini dibanyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara Cina. Tapi di Indonesia org gak sadar waktu menyeduh “Mie instan dalam wadah” (pake air panas lagi) maka dia udah makan plastik.

Wadah dengan kode angka 7, biasanya ada 4 macam : 1. SAN (styrene acrylonitrile), 2. ABISA (acrylanitrile butadiene styrene), 3. PC (polycarbonate) dan 4. Nilon. Botol gallon air mineral, botol minum anak sekolah umumnya adalah kode 7 notasi huruf “PC”. Masih bisa untuk tempat makanan/minuman tapi bahan Polycarbonat (PC) punya potensi berbahaya bagi tubuh kita karena dapat mengeluarkan zat Bisphenol A yang merusak hormon.

Beberapa penyakit terjadi pada manusia dihubungkan dengan termakannya bahan2 dari wadah plastik misalnya: penyakit kulit, saluran pernafasan, gangguan menstruasi, keguguran, gangguan pertumbuhan, gangguan saraf, hingga kanker.

Anehnya wadah plastik yang diedarkan dan dijual untuk masyarakat umum hingga saat ini bahkan banyak yang tidak mencantumkan kode resin di bawah wadah…..dan matilah kita semua….. Bayi dan anak2 yang terpapar scr kronis bisa menderita kanker darah…bisa jadi karena sejak bayi minum susu dari botol plastik merek terkenal… yang tidak sesuai….

TIPS AMAN

* Jangan panaskan makanan dalam tempat plastik di microwave
* Migrasi komponen plastik semakin besar pada suhu tinggi
* Bawa tempat makanan sendiri saat membeli makanan di pedagang
* Hindari paparan matahari pada makanan dan minuman kemasan plastik

Polyethylene Terephthalate

Ciri-ciri:
* Jernih & bening
* Untuk kemasan air mineral, jus dan isotonik

Peringatan:
* Hanya untuk sekali pakai
* Jangan dipakai untuk air/teh/kopi hangat atau panas (plastik akan memuai)
* Buang botor lama dan tergores
* Jangan minum air mineral yg terkena panas sinar matahari.

High Density Polyethylene (HDPE)

Ciri-ciri:
* Warna putih susu
* Biasa dipake kemasan susu cair & jus

Peringatan:
* Hanya untuk sekali pakai
* Jenis Tupperware ada yg mnggunakan plastik jenis ini.

Polyvinil Chloride (PVC)

Ciri-ciri:
PVC biasa untuk bungkus makanan (yang gw tau sih dipake juga buat bahan pipa air paralon)

Peringatan:
* Hindari membungkus makanan panas dan berminyak (bakso..gorpis..mie gomak..dll)
* Membahayakan ginjal dan hati

Low Density Polyethylene (LDPE)

Ciri-ciri:
* Botol lembek
* Dipakai untuk tempat makanan (saus, kecap)
* Botol fleksibel tapi kuat
* Aman untuk makanan (belum tentu utk tempat minuman..kopi/teh panas)

Polypropylane (PP)

Ciri-ciri:
* Tidak jernih
* Putih berawan
* Aman untuk menyimpan makanan dan minuman
* Ini jenis plastik tempat makanan/minuman terbaik

Polystrene (PS)

Peringatan:
* Styrofoam tidak aman untuk makanan
* Berbahaya untuk makanan panas
* Kembali bungkus makanan anda dgn daun pisang.

Polycarbonate

Ciri-ciri:
Tempat makanan dan botol minuman (galon air mineral, botol anak sekolah)

Peringatan:
Tidak direkomendasikan karena mengandung Bisphenol-A yang berpotensi merusak system hormon

sumber: tanobatak.wordpress.com

1 komentar:

  1. Wow kini ada mesin yang bisa membuat jus dengan sangat cepat loh silahkan klik Usaha Jus Dengan Cepat Menggunakan Juice Extractor. Salam Sukses ya. :)

    BalasHapus