Uji Penyakit Alzheimer (Kepikunan)

Penyakit Alzheimer merupakan salah satu bentuk demensia yang paling sering ditemukan di klinik. Demensia adalah gejala kerusakan otak yang mengganggu kemampuan seseorang untuk berpikir, daya ingat, dan fungsi berbahasa. Hal tersebut membuat pasien demensia kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Nama penyakit Alzheimer berasal dari nama Dr. Alois Alzheimer, dokter berkebangsaan Jerman yang pertama kali menemukan penyakit ini pada tahun 1906. Dr. Alzheimer memperhatikan adanya perubahan jaringan otak pada wanita yang meninggal akibat gangguan mental yang belum pernah ditemui sebelumnya. Pada jaringan otak tersebut ditemukan lapisan atau plaque dan serabut saraf yang tidak normal.

Penyakit Alzheimer paling sering ditemukan pada orang tua berusia sekitar 65 tahun ke atas. Di negara maju seperti Amerika Serikat saat ini ditemukan lebih dari 4 juta orang usia lanjut penderita penyakit Alzheimer. Angka ini diperkirakan akan meningkat sampai hampir 4 kali di tahun 2050. Hal tersebut berkaitan dengan lebih tingginya harapan hidup pada masyarakat di negara maju, sehingga populasi penduduk lanjut usia juga bertambah.

erikut ini adalah Uji Neurologis yang sebenarnya... Silakan duduk yang baik dan perasaan tenang. Temukanlah huruf C di bawah ini.



Bila anda telah menemukan huruf C, sekarang carilah angka 6 di bawah ini:



Sekarang temukanlah huruf N di bawah ini. Mungkin sedikit lebih sulit:



Ini bukan guyon. Jika anda sanggup melewati ketiga ujian di atas, berarti anda bisa membatalkan kunjungan ke dokter ahli syaraf. Otak anda sehat dan bebas dari penyakit Alzheimer. Bagaimana dengan orang lain di sekitar anda? Cobalah... tapi jangan sampai membuat mereka tersinggung, ya!

1 komentar: