Cara Membuat Mesin Tetas Sederhana Semi Otomatis

Oleh: Safik Nurman (sumber: pesonaunggas.com)



Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan mesin tetas adalah kotak atau box mesin penetas jangan ada yang bocor atau tidak tertutup rapat. Apabila terjadi kebocoran maka suhu dalam ruang mesin penetas tidak akan tercapai karena udara panas akan keluar melalui lubang tersebut.

Bahan yang digunakan untuk membuat kotak mesin tetas sederhana ini adalah multiplek/triplek atau dapat juga menggunakan papan kayu atau bahan lain yang sesuai dengan desain pembuatan mesin tetas. Alat penetas telur ini dapat dengan mudah kita buat sendiri dengan biaya yang relatif murah.

Bahan dan Alat

Bahan untuk membuat mesin penetas telur berkapasitas 100 butir dengan sumber panas dari listrik adalah sebagai berikut:
- Multiplek / triplek 9 mm
- Engsel
- Kawat ram diamater 0.5 cm
- Seng
- Thermostaat
- Kabel listrik
- Fiting lampu
- Steker listrik
- Lampu bohlam
- Thermometer
- Baki/nampan air
- Paku triplek dan lem kayu

Sedangkan peralatan yang digunakan: gergaji kayu, gergaji besi, meteran, alat tulis, bor, obeng, tang, pahat kayu dan palu.

Cara Membuat

Potong multiplek/triplek dengan ukuran seperti pada (gambar 1) dan rangkaikan sehingga terbentuk kotak / bok dengan ukuran 60 x 30 x 30 cm.



Buat lubang dengan ukuran 10 x 5 cm pada bagian atas kotak mesin tetas untuk ventilasi udara dan berilah penutup yang dapat dibuka dan ditutup, seperti (gambar 1).



Buat lubang pada bagian bawah kotak dengan ukuran 10 x 20 dan tutuplah dengan selembar pelat seng (gambar 1). Kegunaan pelat seng ini adalah sebagai elemen pemanas darurat jika terjadi pemadaman listrik. Jika terjadi pemadaman listrik maka taruhlah di bawah pelat seng tersebut lampu minyak.

Buat rak untuk tempat meletakkan telur di dalam mesin tetas, seperti (gambar 3). Bahan rak tempat telur dapat dibuat dari kawat lurus seperti pada gambar, dapat pula dipakai kawat ram atau Anda dapat berkreasi lain dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita, yang penting rak dapat digunakan untuk meletakkan telur di dalam ruang mesin penetas.



BAGIAN DARI MESIN TETAS

Regulator / Thermostat



Adalah alat yang berfungsi untuk mengatur temperature dalam mesin tetas secara otomatis. Apabila alat ini terkena panas maka kapsul akan mengembang sehingga akan menekan sakelar (mikroswitch) dan aliran listrik akan terputus, sebaliknya apabila suhu turun maka kapsul akan mengempis dan akan menyalakan kembali lampu pijar sebagai sumber panas. Untuk menseting thermostat agar dapat memutus dan menyambung kembali aliran listrik yang menuju ke lampu pijar tidaklah sulit, untuk mengaturnya dengan cara memajukan atau memundurkan putaran baut penyangga kapsul. Lihat Gambar 7

Cara Menseting Thermostat

Lihat Gambar 7 untuk melihat bagian-bagian dari thermostat. Misalnya kita mau menseting agar ruang mesin penetas tepat pada suhu 40o C lampu pijar padam, maka caranya adalah

  • Jika sebelum suhu 40o C lampu pijar sudah padam, maka putarlah baut penyangga kapsul thermostat kanan atau searah jarum jam (kapsul menjauhi sakelar/mikroswitch).
  • Jika suhu sudah lebih dari 40o lampu pijar baru padam, maka putarlah baut penyangga kapsul thermostat ke kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam (kapsul mendekati sakelar/mikroswitch).
Baki/Nampan Air

Kegunanya untuk memenuhi standar kelembaban mesin tetas. Isi air dalam baki dengan ketinggian 2-3 cm / dibawah permukaan bibir baki. Apabila akan menambah air dalam baki, gunakan air hangat supaya perubahan suhu dalam mesin tidak turun secara drastis.

Rak Telur

Berfungsi sebagai tempat telur yang akan ditetaskan, rak telur diisi sesuai dengan kapasitasnya.

Ventilasi

Diperlukan untuk kebutuhan oksigen telur tetas dalam mesin. Ventilasi haruslah dapat diatur sesuai kebutuhan. Apabila ventilasi tidak ada maka udara yang ada didalam mesin tetas akan meracuni bibit telur dan dapat menyebabkan bibit telur tersebut mati.

Thermometer

Berfungsi sebagai indikator suhu yang diperlukan oleh mesin tetas.

ALAT PENDUKUNG PENETASAN

Alat Candling / Teropong Telur


Digunakan untuk melihat apakah telur yang dimasukkan kedalam mesin penetas itu dibuahi / fertile atau tidak. Alat candling dapat dibuat dari lampu senter yang bagian depannya dibuat seperti corong dari kertas karton yang berwarna hitam. Atau dapat pula dibuat dari pipa paralon diameter 2-3 inci dipotong sepanjang 15 cm didalamnya diberi lampi pijar. Kedua sisi pipa ditutup, salah satu sisinya diberi lubang lagi selebar ukuran telur.

Untuk mengetahui fertilitas telur yang ditetaskan diperlukan adanya alat peneropong telur (candling), biasanya untuk melihat fertilitas telur dalam mesin tetas, dilakukan peneropongan telur pada hari ke-7 dan hari ke-14. Alat peneropong telur tersebut banyak dijual di toko peternakan dengan harga bervariasi dari yang sederhana (buatan lokal) Rp. 40.000 sampai dengan yang modern (import) Rp. 1000.000.

Untuk menghemat biaya, alat teropong telur tersebut sebenarnya dapat dibuat sendiri dengan mudah dan hasilnyapun tetap akurat. Ada dua pilihan model dalam pembuatannya, yakni :

1. Model Kotak terbuat dari bahan triplek, silahkan lihat detailnya pada gambar dibawah ini



2. Model Tabung terbuat dari bahan kaleng, silahkan lihat detailnya pada gambar dibawah ini



Semoga dapat bermanfaat untuk para peternak .....

15 komentar:

  1. bagi anda yang sedang membutuhkan sparepart mesin penetas telur.kami menyediakan mulai dari termostart elektronik yang sederhana Rp:100rb, sampai dengan yang digitall.juga untuk penggerak rak telur otomatis set,siap pakai Rp:170rb.untuk produk lain bisa di kunjungi di :www.inqubators.blogspot.com.
    sms 082332579975.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamatnya dimana ?

      Hapus
    2. Kalau saya butuh dimana alamatnya ?

      Hapus
  2. kalo pesan sudah jadi berapa harganya?

    BalasHapus
  3. maaf ane mau tanya dunk..,
    1. lampu yang dipakai berapa watt yahh.. ??
    2. berapa derajat kemiringan rak telurnya ?
    3. setiap berapa lama kemiringan raknya harus di putar ?
    makasihh yoo..

    BalasHapus
  4. kebetulan saya juga memakai bahan sederhana untuk membuat alat penetas telur, dan hasilnya juga tidak kalah dari hasil pabrikan, karena di sini yang utama adalah keadaan suhu yang tepat.
    terima kasih sudah sharing :)
    salam kenal dari wisma kreatif

    BalasHapus
  5. Semoga bermanfaat bagi para peternak. Usaha penetasan adalah salah satu alternatif penunjang ekonomi keluarga.

    BalasHapus
  6. Saya menyediakan berbagai komponen untuk pembuatan mesin tetas seperti: Thermostat dan Thermometer; Higrometer dsb. Bagi yang membutuhkan, silakan menghubungi saya di 0819-082-66592; BB: 7693603B atau dapat mengunjungi www.tokopedia.com dengan nama toko: Komponen Mesin Tetas. Terpercaya dan Bergaransi.

    BalasHapus
  7. Kalau yg 75 biji bera bolam dia gunakan

    BalasHapus
  8. Kenapa mesin tetas semi otomatis saya menetaskan tidak efektif dan aturan 21 hari netas ini knapa tidak yaa gan..??
    Mohon infonya gan..

    BalasHapus
  9. Bagi yang membutuhkan thermostat cemani, thermometer, higrometer,untuk mesin tetas bisa mengunjungi blog saya www.usahahobi.blogspot.co.id atau sms ke no. 085669318076, lokasi saya di sumsel, trimakasih

    BalasHapus
  10. thanks untuk blognya,
    sangat bermanfaat,,,
    semoga makin banyak pengunjung,,,

    BalasHapus
  11. agan agan saya mau tanya bagaimana cara membuat rak telor agar telor bisa di putar tanpa megang telornya..?? terimakasih

    BalasHapus