Berbagi Pengetahuan (Metode Kreatif Mengajar)

oleh : Rulan Kis (guru SMP-SMA)

Selama dua tahun awal sebagai guru di tahun 2009 dan 2010, saya melihat kenyataan di kelas bahwa yang mendapat nilai 80 ke atas hanya sekitar 20% dari jumlah siswa di kelas. Hal ini terjadi karena input yang masuk di sekolah saya bukanlah anak-anak unggulan bernilai bagus, rata-rata mereka lemah di matematika dan fisika.

Saya pun berpikir bagaimana meningkatkan persentase siswa yang bernilai 80 ke atas ini secara signifikan. Akhirnya tahun ini saya menemukan cara ini dan saya terapkan di tiap kelas, baik di SMP maupun SMA.

Cara ini saya terapkan untuk bab-bab yang banyak menggunakan analisa dan perhitungan, caranya sebagai berikut :

1. Setiap saya selesai menjelaskan sebuah materi dengan disertai contoh soal,maka saya akan mengadakan kuis mendadak.Dalam kuis ini setiap siswa boleh melihat buku tapi tidak boleh bekerjasama dengan temannya.

2. Saya akan mengoreksi hasilnya secara kilat untuk memilah mana jawaban yang benar dan yang salah untuk melihat mana murid yang sudah paham dan mana yang belum.

3. Murid-murid yang sudah paham akan saya tulis di papan tulis dan mereka berhak menyandang status sebagai teacher.

4. Murid-murid yang belum paham boleh memilih gurunya masing-masing dari teman-temannya yang namanya ditulis di papan tulis tersebut.

5. Saya beri kesempatan bagi murid-murid yang belum paham untuk belajar pada murid-murid yang telah paham yang namanya ditulis di papan tulis.

6. Bagi yang telah siap boleh menemui saya untuk saya uji pemahamannya untuk mengerjakan sebuah soal dalam waktu 1 menit, jika jawaban si murid benar maka si murid dan teman yang mengajarinya akan mendapatkan poin nilai yang menambah nilai ujian nanti.

Cara ini meningkatkan pemahaman siswa meningkat drastis, siswa yang bernilai 80 ke atas yang awalnya cuma 20% meningkat pesat menjadi 60%-80%.

Salah satu manfaat yang tidak saya duga adalah suasana keakraban dan kebersamaan kelas meningkat, murid-murid pintar yang biasanya pelit berbagi sekarang sangat antusias mengajari temannya karena makin banyak murid yang dia ajari makin banyak poin yang dia kumpulkan untuk menambah nilai ujiannya nanti.

Menyenangkan sekali ... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar