Cara memulai homeschool

Jadi bagaimana cara memulai homeschool? Saya sudah yakin dengan homeschool dan ingin memulai homeschool. Apa yang saya lakukan?

1) Hubungi komunitas homeschool setempat
Bila anda baru saja memutuskan untuk menjalankan homeschool bagi anak-anak anda tapi anda masih belum tahu apa yang harus anda lakukan, cari dan hubungi komunitas homeschool di tempat anda.

2) Langsung kerjakan langkah ke 7
Seandainya anda benar-benar sudah ingin melakukan sesuatu, silakan baca langkah 7.

3) Kenali anak anda
Mulailah homeschool dengan mengamati anak anda. Bagaimana caranya belajar ? Sebagian anak belajar lebih baik bila sendirian, sebagian anak perlu ditemani. Sebagian lebih bisa belajar di pagi hari, sebagain lain hanya bisa belajar malam hari. Salah satu sisi baik homeschool adalah anda bebas menentukan cara mana yang cocok untuk anak anda.

4) Baca buku-buku mengenai homeschool
Jika anda belum membaca buku-buku homeschool, maka beberapa buku yang saya rekomendasi :
- How Children Fail oleh John Holt. Buku ini yang meyakinkan saya untuk homeschool. Bukunya tidak terlalu panjang tapi tidak menjelaskan tentang bagaimana memulai homeschool.
- Homeschooling the Early Years oleh Linda Dobson. Langkah-langkah memulai homeschool dapat anda temukan pada buku ini.
- The Well Trained Mind oleh Jessie Wise sangat lengkap tapi padat. Bagaimana dan apa yang harus diajarkan selama homeschool terdapat dalam buku ini.
- Homeschool? Yes, You Can !
E-book ini akan sangat berguna bagi anda yang tidak menemukan perpustakaan lengkap di daerah anda. Anda dapat membeli buku ini dan langsung membacanya tanpa harus menunggu lagi.

5) Pilih metode anda
Ada beberapa metode homeschool. Homeschool lebih dari sekedar mengeluarkan anak dari sekolah dan membuat kelas di rumah. Anda bahkan mungkin telah melakukan homeschool dengan hanya membiarkan anak anda bermain dan belajar dari permainannya.
Metode homeschool berkisar dari yang terstruktur (seperti di sekolah) sampai yang tidak terstruktur. Pilihlah yang sesuai dengan keluarga anda. Lebih lanjut mengenai metode homeschool.

6) Pilih kurikulum anda
Apa yang akan anda ajarkan pada anak anda dan bagaimana anak akan belajar. Lebih lanjut mengenai kurikulum homeschool.

7) Mulai dan kerjakan homeschool
Masih bingung dan masih belum yakin? Terlalu banyak informasi dan otak anda terlalu penuh? Kalau boleh saya sarankan, lupakan semua teori yang anda baca mengenai cara memulai homeschool, dan kerjakan saja. Mulai saja homeschool. Anda bisa mengerjakan langkah-langkah yang lain pada saatnya nanti.
Ambil buku dan bacalah bersama-sama anak anda. Bicarakan buku tersebut. Perhatikan gambar-gambarnya. Pergi jalan-jalan bersama anak anda dan bicarakan pohon yang anda lihat, burung yang lewat, awat, hujan, dll. Bermainlah sepak bola. Nah !! Anda sudah mulai homeschool !
Lho ?!?!?! Itu kan bukan homeschool ? Siapa bilang ? Ini juga homeschool.
Ketika anda membaca buku bersama anak anda, tanggapi pertanyaan-pertanyaannya, tidak peduli masuk di akal atau tidak. Ajak anak anda untuk menceritakan kembali buku yang baru dibaca (bila dia sudah siap).
Ketika anda berjalan-jalan bersama anak anda dan berbicara mengenai apa yang anda lihat, anda memberikan pengetahuan umum kepada anak anda. Mereka mungkin belum pernah melihat awan, atau burung, atau mungkin ini kali pertama mereka melihat kupu-kupu.
Pada saat anda sudah merasa nyaman dan 'kenal' dengan anak anda, dan anak anda sudah terlihat untuk lebih siap 'belajar', bermainlah dengan alfabet atau permainan matematika. Kemudian kerjakan langkah-langkah 3 - 6.

8) Jangan ragu untuk berganti arah
Salah satu hal yang menguntungkan dari homeschool adalah anda bisa mengganti kapan saja anda mau. Bila anak anda senang dengan satu kurikulum hari ini dan tidak senang bulan depan, anda dapat mengganti cara anda mengajar, bagaimana dan kapan belajar, bahkan mengganti kurikulum. Mana yang cocok untuk keluarga anda.
Bila anda merasa anda sudah membaca cukup banyak mengenai cara memulai homeschool dan anda masih belum yakin, hubungi kelompok anda, sesuaikan kurikulum dengan situasi keluarga anda, metode, waktu belajar dll.

9) Koq panjang sekali ? Koq banyak sekali yang harus dikerjakan ?
Ini kan hanya saran saya dan anda tidak perlu melakukan setiap langkah yang saya tuliskan. Homeschool itu tidak mudah tapi anda bisa melakukannya.
Homeschool memerlukan partisipasi dari orang tua, jauh lebih banyak daripada hanya memasukkan anak ke sekolah.

Sumber: http://www.early-years-homeschool.com/mulai-homeschool.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar