Karya wisata (Field Trip)

Karya wisata merupakan kegiatan homeschool yang paling saya sukai. Karya wisata adalah proses pembelajaran yang lebih nyata, karena anak dapat melihat bentuk sebenarnya dari yang mereka pelajari. Hal ini baik terutama bagi anak kecil karena mereka lebih mengerti bila mereka dapat melihat secara langsung.

Beberapa tips untuk karya wisata :

* Pastikan bahwa pengurus karya wisata tahu bahwa anda bersama kelompok homeschool, karena ini berarti lebih banyak orangtua yang menemani anak
* Pastikan bahwa karya wisata tersebut sesuai dengan usia anak anda dan bila anda membawa anak yang lebih kecil, pastikan bahwa mereka boleh ikut

Beberapa contoh karya wisata :

* Toko donat / toko roti / pabrik permen / pabrik es krim
Datangilah toko donat/roti di kota anda dan tanyakan bila mereka bersedia memberikan tur. Anak kecil mungkin belum mengerti semua informasi yang diberikan mengenai jenis tepung, gula dll, tetapi mereka akan sangat senang melihat peralatan masak dan proses pembuatan donat/permen/es krim. Terlebih lagi apabila mereka bisa langsung mencicipinya setelah masak.

* Airport
Anak saya sangat suka pesawat terbang jadi dia senang sekali bila kami pergi ke airport. Tanyakan pada petugas airport bila mereka dapat memberikan tur. Mintalah sesuatu yang jarang dilihat oleh anak di airport. Misalnya bagaimana bagasi diangkut dari meja check-in sampai ke pesawat, bagaimana mereka membawa makananan ke dalam pesawat dan membersihkan pesawat.

* Percetakan koran
Lihatlah bagaimana proses pembuatan koran. Dari mencari berita, penulisan artikel, editing, pencetakan dan distribusi koran.

* Stasiun radio/TV
Ini dapat menjadi hal yang sangat menyenangkan. Mungkin anak anda bahkan diperbolehkan berpura-pura sedang siaran radio/TV.

* Museum/kebun binatang
Yang ini sudah jelas. Museum/kebun binatang dapat menjadi sarana belajar yang sangat menyenangkan.

* Tempat pembuangan sampah
Mungkin terdengar tidak terlalu menarik, tapi hal ini bisa sangat berguna. Apa anda tahu apa yang terjadi pada sampah anda setelah diangkut oleh tukang sampah? Cobalah tur ke tempat penampungan sampah dan lihatlah apa yang sebenarnya terjadi. Hal ini bahkan mungkin membuat anda menjadi lebih ramah lingkungan.

* Kantor pos
Bagaimana surat-surat datang dan disortir, sampai kemudian keluar dari kantor pos menuju tujuan akhirnya?
Sumber: http://www.early-years-homeschool.com/kegiatan-homeschool.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar