Makan pelangi yuk.........

Pelangi itu adalah warna-warni pada sayuran yang tidak hanya cantik, tapi juga penanda khasiat di dalam sayuran yang disediakan bumi dari Allah untuk kita.

Berikut khasiat berdasarkan warnanya.

Merah: gizi yang berkandung di dalamnya berupa asam ellagic, licopene, hesperidin, dan quercerin. Kesemuanya berkhasiat untuk mengurangi risiko kanker prostat, menahan pertumbuhan sel tumor dan kadar kolesterol LDI, serta mendukung pembentukan jaringan-jaringan pada menyakit arthritis.

Kuning/orange; mengandung flavonoids, betakaroten, potasium, dan vitamin C. Khasiatnya adalah mengurangi efek penuaan dini, menekan perutmbuhan kolesterol LDL dan tekanan darah, mendukung pembentukan kolagen dan jaringan-jaringan yang sehat, menyokong keseimbangan alkalin tubuh. Serta baik untuk memperkuat tulang yakni dengan bekerja sama dengan magnesium dan kalsium.

Biru/Ungu;sayuran ini mengandung nutrisi seperti lutein, vitamin C, zeaxanthin, flavonoids, querdetin, resveratrol. Khasiatnya beberapa dianataranya adalah meningkatkan imunitas tubuh, membantu pencernaan, meningkatkan kalsium dan penyerapan mineral.

Hijau; mengandung klorofil, serat tinggi, kalsium, asam folat, lutein, dan vitamin C. Nutrisi tersrbut berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, membantu menyerang radikal bebas yang berbahaya, dan menormalkan waltu pencernaan.

Putih; nutrisi yang terkandung di dalamnya berupa betaglukan, SDG, EGCG yang memberikan khasiat seperti meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi risiko penyakit kanker usus, payudara, dan prostat, seta menyeimbangkan tingkat hormon.

sumber: http://cahmanis.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar