Alfabet Gizi

A - Beta Karotin (Vitamin)
Kekurangan Vitamin A mengakibatkan gangguan kesehatan mata ( buta senja, bercak bitot, kebutaan ), gangguan kesehatan kulit ( kering, kasar ), gangguan pertumbuhan ( fisik, tulang dan gigi), gangguan ketahanan terhadap infeksi. Sumber vitamin A dari tumbu

Actigen E
Gabungan vitamin dan mineral tertentu untuk membantu melepas energi dalam tubuh.

Asam Folat
Asam Folat adalah salah satu Vitamin B yang diperlukan oleh janin di minggu-minggu pertama dari kehamilan. Pada anak dan dewasa , vitamin ini dapat membantu mencegah kurang darah. Vitamin ini umumnya banyak terdapat di sayuran hijau.

B12 - Kobalamin (Vitamin)
Vitamin ini ditemukan hanya dari makanan hasil produk hewan. Ini adalah satu-satunya vitamin yang mengandung mineral, yaitu Kobalt. Vitamin B12 penting untuk fungsi sistem saraf dan membantu pertumbuhan anak.

Besi
Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi bersama makanan yang mengandung Vitamin C karena akan meningkatkan penyerapannya. Membantu meningkatkan vitalitas dan produktifitas tubuh dengan menjaga daya tahan tubuh.

C (Vitamin)
Tubuh kita tidak dapat memproduksi Vitamin C sendiri, oleh karena itu kita harus mendapatkannya melalui makanan. Sebaiknya Vitamin C dikonsumsi bersama dengan makanan yang mengandung zat besi guna meningkatkan penyerapannya di dalam usus. Setengah kadar V

Calci-N
Kalsium susu dan gabungan mineral lain yang telah teruji secara klinis terbukti menambah kepadatan (massa) tulang. Asupan Kalsium yang cukup akan membuat tulang padat dan kuat

D (Vitamin)
Dikenal juga sebagai vitamin sinar matahari karena dengan bantuan ultraviolet dari sinar matahari, tubuh kita memproduksi Vitamin D. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat.

E (Vitamin)
Vitamin E dapat melindungi tubuh kita dari polusi ozon. Sebagai anti-oksidan, vitamin ini juga meningkatkan stamina dan dan daya tahan tubuh.

EFA (Essential Fatty Acid) Linoleat dan Linolenat
Adalah lemak esensial yang dibutuhkan tubuh, namun tubuh tidak dapat memproduksi. Oleh karena itu harus tersedia dalam konsumsi makanan sehari-hari. Rasio Linoleat dan Linolenat yang seimbang akan mudah dise

Emotional Quotient
Kemampuan mengenali, mengolah dan mengontrol emosi agar mampu memberi respon positif terhadap kondisi yang merangsang munculnya emosi. Anak dengan kecerdasan emosi tinggi bisanya terlihat ramah, bisa berbagi, berani menyapa dan sebagainya.

Flek paru-paru
Adanya bercak atau infiltrat dalam paru-paru. Bercak tersebut bisa berupa cairan darah, nanah dan sebagainya. Gejala ini terdapat pada penderita infeksi paru-paru a.l pneumonia, bronkhitis hingga TBC.

Fosfor
Ini adalah mineral kedua terbanyak dalam tubuh setelah Kalsium. Bersama Kalsium membentuk tulang dan gigi

Gastritis
Radang - lambung; lebih dikenal dengan penyakit mag. Penyebabnya antara lain:

  • Infeksi kuman (helikobakter-pilori, virus)
  • Pemberian obat-obatan (dengan dosis tinggi dan lama) yang bersifat abrasif (mengikis) pada dinding lambung (misal penghilang rasa-sakit, antibiotik)
  • Trauma
  • Konsumsi alkohol, rokok yang berlebihan, sering dan lama
Meski terdapat gejala subyektif misalnya kembung, mual, hilang selera-makan dsb, belum tentu gastritis, karena beberapa penyakit lainpun mempunyai gejala sama. Kepastian diagnosa harus oleh dokter dengan pemeriksaan lebih lengkap diantaranya endoskopi.

Hiperaktif
Sering disebut sebagai attention deficit hyperactivity disorder. Gangguan tingkah laku yang disebabkan disfungsi neurologis dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian. Anak hiperaktif bisanya terlihat tidak fokus, menentang, destruktif tidak bisa tenang dan sebagainya. Tidak bisa serta-merta men-judge anak hiperaktif sebelum dilakukan serangkaian pemeriksaan oleh ahli (dokter, psikiater dan atau psikolog) untuk kepastian diagnosa.

K (Vitamin)
Tubuh kita memerlukan Vitamin K untuk pembentukan protein dan penggumpalan darah. Aspirin dan obat antibiotik dapat menghancurkan pembuatan Vitamin K dalam tubuh.

Kalsium
Dari semua mineral yang ada dalam tubuh, Kalsium adalah yang paling banyak. Tubuh kita sedikitnya mengandung 1 kg Kalsium. Mineral ini diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Kalsium pada orang dewasa sangat diperlukan untuk mengurangi re

Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber tenaga terbesar bagi tubuh kita.

LA dan ALA
Berdasarkan letak rantai gandanya maka ada yang disebut Omega-3 dan Omega-6.
Keduanya disebut esensial karena tidak dapat dibuat didalam tubuh manusia, sementara keduanya merupakan struktur elemen sel yang esensial untuk pembentukan sel baru untuk pertumbuhan, termasuk pertumbuhan otak . Oleh karenanya keduanya harus diperoleh dari makanan sehari-hari.Di dalam tubuh manusia, LA dan ALA dapat disintesa menjadi asam lemak tak jenuh majemuk rantai panjang (LC-PUFA) seperti AA dan DHA, dengan bantuan enzim yang sama yaitu enzim elongase dan desaturase
Omega-6 ( LA) terdapat terutama pada minyak nabati. SementaraOmega-3 (ALA ) pada kacang-kacangan seperti minyak kedele, minyak canola dan juga minyak nabati.

Magnesium
Magnesium penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Mineral ini juga membantu tubuh menggunakan tenaga/energi dari makanan, dan mengontrol tekanan darah.

Makronutrien
Adalah zat gizi makro penghasil energi terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah relatif banyak.

Mangan
Penting untuk pembentukan tulang dan koordinasi otot, sistem saraf yang sehat dan fungsi reproduksi. Kekurangan mineral ini dapat mengakibatkan kejang-kejang dan kelainan fungsi saraf.

Mikronutrien
Adalah zat gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral yang oleh tubuh dibutuhkan dalam jumlah sedikit tetapi tidak boleh kekurangan.

Niasin (Vitamin B3)
Niasin berperan dalam banyak proses metabolism dalam tubuh diantaranya dalam metabolisme Protein/asam amino. Vitamin ini juga sudah lama dikenal sebagai anti pelagra dan dermatitis.

Potasium
Potasium dapat diperoleh dari buah dan sayuran. Sodium dan Potasium bekerja sama untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Penting untuk kesehatan kulit, otot dan fungsi saraf, serta metabolisme.

Riboflavin (Vitamin B2)
Vitamin ini dapat mencegah masalah kesehatan mata ( radang kelopak mata, kornea mata memerah ) dan berperan penting dalam metabolism energi, pertumbuhan dan kesehatan kulit. Vitamin ini banyak terkandung dalam serealia tumbuk, sayuran, dan hati.

Selenium
Berfungsi sebagai anti-oksidan dan membantu mencegah infeksi.

Seng
Seng diperlukan tubuh untuk pembentukan hampir 100 macam enzim, salah satunya adalah insulin. Seng juga dapat mencegah hambatan pertumbuhan dan gangguan fungsi saraf, atau penyakit lain yang berdasarkan pertumbuhan sel yang abnormal.

Vitamin
Zat organik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit untuk pertumbuhan dan proses metabolisme. Apabila kekurangan vitamin maka dapat menyebabkan penyakit tertentu dan menghambat pertumbuhan dan kesehatan

sumber: teguhts01.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar