Cara Mengatasi Kecemburuan anak pertama pada bayi (anak kedua) anda

Memiliki anak kedua adalah sebuah hal yang baru dan penuh tantangan tidak hanya untuk anak orangtua tapi juga untuk anak pertama. Untuk anak pertama kecemburuan akan hilangnya perhatian dari orang tua karena lahirnya anak kedua merupakan hal penting baginya.

Berikut ada cara untuk mengatasi hal tersebut:

1. Bawa anak pertama untuk terlibat dalam kehamilan dan melakukan perawatan bayi sejak dini seperti mengambilkan popok, menggendong bayi, mengganti popok atau baju bayi membantu bayi berjalan dll. semakin anda sering mengajak anak pertama anda terlibat dalam perawatan bayi maka anda pasti nantinya akan terkejut bagaimana anak pertama akan merasakan kesenangan dalam melakukan hal – hal tersebut.

2. Berikan waktu khusus untuk anak pertama anda, hal ini mungkin agak sulit karena bayi tidak punya jadwal yang tetap. Mungkin waktu khusus itu bisa anda abaikan andaikata bayi sudah waktunya makan atau menangis atau berteriak.

3. Sesekali ajak anak pertama anda pergi bersenang-senang ke suatu tempat dimana tempat tersebut juga aman untuk bayi anda, seperti ke taman, ke mall, tempat bermain dll. Dimana anak pertama anda bisa sangat bersenang-senang dengan aktifitas bermainnya, sekalipun bayi anda agak sedikit rewel saat disana tapi yang penting tempat tersebut aman untuk bayi anda seperti bebas polusi asap, suara dll.

4. Sesekali ajak anak pertama anda untuk liburan pendek dengan Anda. Jika anda punya orang tua atau saudara atau teman yang anda percaya, anda bisa menitipkan bayi anda pada mereka 1 atau 2 hari untuk kemudian anda bisa berpergian keluar kota dengan anak pertama anda yang tidak memungkinkan bayi anda untuk dibawa.biarkan anak pertama anda benar – benar menikmati iburan pendek tersebut.

5. Berikan waktu untuk anak pertama anda beristirahat, seperti menginap di rumah neneknya. Karena anak pun butuh waktu untuk istirahat sendiri tanpa ada orang tua. tidak hanya orang dewasa saja yang melakukannya.

Point utama adalah ajak anak pertama anda untuk terlibat langsung dalam perawatan bayi (anak kedua) anda, supaya tumbuh rasa perhatian yang khusus dari anak pertama kepada anak kedua anda, dan memang anda harus banyak berusaha untuk itu. Kecemburuan pasti muncul, namun sejalan dengan waktu hal tersebut bakal berkurang sejalan dengan upaya anda untuk mencegahnya.

sumber : myquran.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar