Inilah 5 Tanda Bisnis Anda Akan Gagal

Jika Anda merasakan tanda-tanda berikut, itu artinya bisnis Anda akan segera mengalami kegagalan.

Ketika Anda memulai suatu bisnis, Anda harus membenahi sifat Anda terlebih dahulu. Pertama yang harus Anda benahi adalah, membuat bisnis tidak dalam sekejap mata, Anda harus melalui proses. Bahkan proses kegagalan bisa Anda alami berulang-ulang kali sebelum Anda sukses. Nah, sekarang Anda harus tahu 5 sifat yang membuat bisnis Anda akan gagal.

Tujuan Anda

Sekali lagi, dalam berbisnis, tujuan Anda bukanlah uang. Memang siapa yang tidak mau mendapatkan uang dengan berbisnis. Menjadi seorang entrepreneur adalah untuk memecahkan masalah disekitar Anda, Anda membuat produk atau membuat inovasi agar masyarakat dapat memperoleh kemudahan. Misalnya Anda membuat website untuk melihat cuaca di suatu daerah, bukan lagi kota tetapi lebih detail. Atau Anda membuat kuliner baru. Ketika Anda berfokus dalam mengembangkan produk, uang akan datang dengan sendirinya.

Dukungan

Anda jangan terlalu sok untuk membuat bisnis hanya seorang diri. Perlu diketahui, setiap bisnis yang sudah terkenal diseluruh dunia, pasti dikerjakan oleh 2 orang lebih atau minimal 2 orang. Kenapa? Karena kekuatan kolaborasi sangat tinggi. Anda tidak akan bisa bertahan selama 1 tahun jika semuanya Anda kerjakan sendiri, walaupun Anda mempunyai karyawan sekalipun. Ingat, we better me.

Terlalu percaya diri

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, Anda pasti mempunyai pikiran yang liar. Anda mempunyai pikiran liar tersebut karena membaca kisah-kisah sukses, Anda pasti ingin menjadi seperti mereka. Tetapi, jangan terlalu percaya diri. Dalam dunia entrepreneur, semuanya serba mendadak. Anda bisa mendadak bangkrut atau bahkan Anda bisa mendadak kaya mendadak. Jadi, pertama yang harus Anda lakukan adalah selalu berkonsultasi. Anda dapat menjadikan entrepreneur yang sukses menjadi panutan. Tetapi ingat, selalu percaya pada diri Anda sendiri, bukan orang lain.

Melupakan nilai

Seperti yang disebutkan di nomor pertama, apa tujuan Anda menjadi seorang entrepreneur. Untuk mendapatkan uang? Itu sudah pasti, tetapi itu bukan tujuan sebenarnya. Anda harus mempunyai nilai, nilai yang bisa bermanfaat. Misalnya, Anda mengetahui bahwa ada website, sebut saja Studentpreneur.co, website tersebut ternyata sangat sukses dalam bisnis untuk anak muda. Lalu Anda mencoba hal yang sama, membeli domain dan menulis soal bisnis. Padahal, Anda tidak mempunyai passion dibidang itu. Anda harus fokus pada bidang yang memang Anda kuasai dan memang berguna untuk masyarakat nantinya.

Waktu

Anda tidak membuat bisnis dan mendapatkan kesuksesan hanya selama 2 bulan atau bahkan setahun. Anda tidak boleh menentukan deadline kapan Anda sukses, misalnya “Saya harus sukses selama 1 tahun, jika tidak sukses maka saya akan mundur”. Anda boleh menentukan deadline agar bisnis Anda terus berjalan, tetapi jangan sampai Anda akhirnya mundur karena lamanya mendapatkan kesuksesan.

 Itulah 5 sifat yang harus Anda hindari sebagai seorang entrepreneur.

sumber: studentpreneur.co

Contoh Kisah Sukses Orang yang Pantang Menyerah

Miliarder Ini Pernah Ditolak untuk 30 Pekerjaan Berbeda

Jack Ma saat ini merupakan salah satu pengusaha paling sukses di dunia. Perusahaannya, Alibaba, menarik 100 juta konsumen dalam sehari. Kekayaannya saat ini diperkirakan $20,4 miliar.

Tapi sebelum memiliki kekayaan lebih dari Rp 262 triliun, yang membuatnya menjadi orang terkaya di China, dia ternyata telah mengalami banyak penolakan saat melamar pekerjaan.

Dikutip dari laman Business Insider, Rabu, 18 Februari 2015, Ma mengungkap setelah lulus kuliah, dia melamar 30 pekerjaan berbeda, termasuk di restoran cepat saji KFC. Semuanya ditolak.

"Saya melamar pekerjaan di kepolisian, mereka bilang Anda tidak cukup bagus. Saya melamar ke KFC, ada 24 orang yang juga melamar dan 23 orang diterima. Saya satu-satunya yang ditolak," kata Ma.

Saat Ma membuat Alibaba pada 1998, dia menemui lebih banyak kendala. Situs retail di internet itu tidak mendatangkan keuntungan selama tiga tahun pertama, memaksanya untuk kreatif.

Salah satu tantangan utamanya adalah, karena Alibaba tidak menyediakan cara melakukan pembayaran, serta tidak ada bank yang mau bekerjasama dengannya.

Ma kemudian memutuskan untuk membuat sendiri program pembayaran, yang dinamakannya Alipay. Program itu secara otomatis menukarkan kurs, pada pembayaran antara pembeli dan penjual internasional.

"Begitu banyak orang yang saya ajak bicara saat itu tentang Alipay, mengatakan bahwa ini ide terbodoh yang pernah saya miliki. Saya tidak peduli jika itu bodoh, selama orang dapat menggunakannya," ucap Ma.

Hari ini, 800 juta orang menggunakan Alipay. Jadi, apakah itu ide terbodoh?

sumber: viva.co.id

1 komentar: