Mitos & Realitas Wirausahawan

Mitos 1

Wirausahawan dilahirkan bukan dibentuk

Realitas

Pada umumnya wirausahawan memiliki sifat turunan seperti kecerdasan, kreativitas, dan semangat yang besar. Namun sifat-sifat tersebut tidak banyak artinya jika tidak dibentuk, bagaikan segumpal tanah liat yang tidak bermakna. Menjadi wirausahawan berarti mengumpulkan pengalaman selama bertahun-tahun; termasuk relasi, keterampilan dan pengembangan kepribadian.

Mitos 2

Siapa saja bisa memulai bisnis

Reatlias

Wirausahawan yang berhasil adalah yang dapat membedakan antara ide usaha yang baik dan peluang nyata, dan berwawasan luas, memulai bisnis dengan peluang sukses lebih besar. Memulai usaha itu mudah. Hal yang sulit adalah mempertahankan, mengelola, dan mengembangkan sehingga memberi hasil bagi pendirinya.

Mitos 3

Wirausahawan merupakan penjudi

Realitas

Wirausahawan sukses mengambil suatu resiko dengan penuh perhitungan. Mereka mengubah situasi sehingga menguntungkan mereka atau mengajak orang lain untuk memikul beban. Wirausahawan membagi risiko menjadi potongan-potongan kecil dan menyelesaikannya satu per satu. Wirausahawan tidak dengan sengaja mencari resiko yang lebih besar atau resiko yang tidak perlu, namun mereka juga tidak lari dari risiko yang harus diambil.

Mitos 4

Wirausahawan adalah bos yang tidak tunduk pada siapa pun dan benar-benar mandiri

Realitas

Wirausahawan tidak bisa bebas sepenuhnya karena harus bertanggung jawab pada investor, mitra, pelanggan, pemasok, kreditur, keluarga, serta tanggung jawab pada masyarakat. Akan tetapi wirausahawan dapat membuat pilihan bebas mengenai kapan dan apa yang akan mereka respon.

Mitos 5

Wirausahawan yang berbakat akan menghasilkan perusahaan sukses dalam 2 tahun

Realitas

Dikalangan wirausahawan ada pepatah : pohon lemon menghasilkan dalam 2,5 tahun, tetapi mutiara baru menghasilkan setelah 7 tahun. Jarang ada perusahaan sukses dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Mitos 6

Ide yang baik tidak akan kesulitan mendapatkan modal

Ralitas

Dari 100 proposal bisnis yang masuk hanya 1- 3 yang mendapatkan modal

Mitos 7

Wirausahawan yang modalnya cukup tidak akan gagal

Realitas

Modal yang terlalu banyak akan menimbulkan ilusi sukses dan menimbukan sindrom anak manja. Tidak disiplin dalam soal keuangan dan pemborosan akan menggagalkan usaha.

IQ wirausahawan adalah gabungan dari kreativitas, motivasi, integritas, kepemimpinan, kerja sama tim, kemampuan analisis, dan kemampuan menghadapi ketidakpastian dan ketidakjelasan.

sumber: aiprahasto.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar