Latihan Menulis Khat Arab Dasar



Belajar menulis khat Arab termasuk salah satu syiar Islam dan ilmu bantu yang sangat menunjang untuk mempelajari Al-Quran dan Dienul Islam. Selayaknya sejak dini para guru dan orang tua sudah membekali anak-anaknya dengan keterampilan menulis khat Arab ini.

Alhamdulillah, setelah tadinya Latihan Menulis Khat Arab ini kami buat lembar demi lembar (secara terpisah) dalam tema "Lembar Kegiatan Belajar (LKB)". Kini kami sudah merampungkan keseluruhan huruf khat Arab sehingga bisa dijadikan satu buku paket dalam format digital (ebook). Ebook yang berjudul "Latihan Menulis Khat Arab Dasar" ini sudah mencakup keseluruhan huruf-huruf Arab yang disusun menurut karakter atau sifat-sifat bentuk huruf tersebut. Hal ini memudahkan dalam melatih dan membiasakan tangan untuk menulis setiap huruf tersebut secara bertahap.

Metode latihan menulis khat Arab yang digunakan dalam LKB ini dirancang semudah mungkin untuk diikuti oleh para pemula dalam menulis huruf Arab. Dalam setiap bentuk huruf atau rangkaian huruf yang hendak dilatih, disediakan tiga baris kotak. Baris pertama berisi contoh huruf yang akan dilatih. Baris kedua berisi tulisan huruf dalam warna samar atau kabur. Anak-anak diminta untuk menimpa atau menebalkan tulisan di baris kedua ini dengan alat tulisnya. Sedang baris ketiga adalah baris kosong untuk menguji keterampilan menulis huruf Arab sesuai contoh di atasnya.

DOWNLOAD DI SINI

1 komentar:

  1. mas, sy nemuin software untuk buat bikin kaligrafi arab namanya Kelk 2010. tolong diulas lebih lanjut ya di blog ini. terimakasih.

    BalasHapus