Biaya Hidup Mahal, Hidup Keluarga Tetap Sehat

Krisis ekonomi global sudah tentu menyebabkan kenaikanharga obat-obatan dan alat kesehatan. Sudah pasti biaya berobat juga akan meningkat. Dengan kenaikan tersebut, masalah keuangan keluarga tentu akan lebih berat. Selain kenaikan harga barang kebutuhan sehari-hari, kita juga harus memikirkan biaya berobat yang lebih tinggi bila keluarga kita sakit. Bagaimana kita menghadapi masalah tersebut?

Kembali Ke Pola Hidup Sehat

Menjaga agar badan tetap sehat adalah langkah yang paling tepat. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya berobat bila kita bisa menjaga tubuh tetap sehat. Dalam dunia kedokteran pun titik berat program kesehatan adalah aspek preventif (pencegahan agar tidak sakit). Orang yang mempunyai penyakit kronis seperti diabetes mellitus, hipertensi, gagal jantung, magh juga harus mencegah supaya penyakitnya tidak kambuh atau justru bertambah buruk.

Tips menjaga badan tetap sehat

1. Pola makan sehat
Diet sehat adalah yang mencakup gizi seimbang yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Jumlah atau frekuensi makan disesuaikan dengan kebutuhan/aktivitas sehari-hari. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran. Kurangi makanan yang kandungan lemaknya terlalu tinggi karena dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti sakit jantung, kanker, stroke, diabetes, dan kolesterol.

2. Olah raga teratur
Olah raga yang teratur dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, osteoporosis dan depresi. Olah raga juga membantu menjaga berat badan. Dianjurkan olah raga 30 - 60 menit, 4 - 6 kali seminggu. Namun perlu diingat berapa pun frekuensi olah raga kita, tetap lebih baik dari pada tidak sama sekali.

3. Berhenti merokok dan minum alkohol
Di Amerika Serikat, merokok mengakibatkan 440.000 kematian. Merokok terbukti dapat mengakibatkan penyakit jantung, kanker paru, penyakit mulut dan tenggorokan. Sedangkan alkohol dapat merusak sel hati dan meningkatkan risiko terjadinya kanker.

4. Jaga berat badan tetap ideal
Kegemukan (obesitas) atau kelebihan berat badan (overweight) berkaitan dengan penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan arthritis (reumatik). Apabila anda obesitas atau overweight, kurangi berat badan dengan diet tinggi serat, rendah lemak, dan olah raga teratur.

5. Jaga kebersihan diri dan lingkungan
Kebersihan badan seperti mulut, gigi, tangan, kaki dan kulit mempengaruhi kesehatan kita. Beberapa penyakit infeksi dapat menular karena higienis yang kurang. Kebersihan lingkungan juga dijaga untuk mencegah terjadinya demam berdarah, diare, dan leptospirosis.

Self Medication

Kita mempunyai tanggung jawab penuh terhadap kesehatan kita. Karena itu kita perlu bersikap kritis ketika kita sakit. Kita sebaiknya berusaha mencari tahu apa masalah kesehatan kita dan bagaimana pengobatannya.. Hal tersebut penting karena banyak penyakit infeksi yang bersifat self limiting diseases (penyakit yang dapat sembuh sendiri) dan tidak memerlukan banyak pengobatan atau pemeriksaan laboratorium.

Sebagai contoh, kunjungan pasien ke dokter umum dan dokter anak yang paling sering adalah karena batuk, pilek, dan diare. Penyakit harian tersebut umumnya disebabkan infeksi virus dan dapat sembuh sendiri. Namun, kenapa kita sering kawatir ketika kita atau anak kita sakit batuk, pilek, atau diare? Hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan kita tentang penyakit tersebut.

Sebetulnya ada peran self medication untuk penyakit-penyakit tersebut. Dan jika kita dapat menerapkan dengan tepat, tentu biaya berobat dapat ditekan tanpa mengorbankan kesehatan kita. Peran self medication ini tentu bukan berarti kita dapat mengobati diri sendiri atau menggunakan obat dengan bebas tanpa anjuran/resep dari dokter. Kita perlu mengetahui kondisi-kondisi tertentu kapan perlu ke dokterdan mewaspadai kondisi emergensi yang mengharuskan kita segera ke dokter. Sebagai contoh anak diare, kita harus ke dokter bila terdapat diare bercampur darah atau tanda dehidrasi seperti anak tampak lemas, matanya cekung, atau kesulitan minum.

Pada penyakit kronik pun seperti diabetes, hipertensi, sakit jantung, ginjal, dan lain-lain, kita mempunyai peran dalam pengobatan. Karena selain obat, tatalaksana penyakit kronik tersebut juga memerlukan perubahan pola hidup sehat. Bahkan pola hidup sehat merupakan terapi awal sebelum pemberian obat.

Tips Menerapkan Self Medication

1. Mencari informasi dari majalah atau internet mengenai gangguan kesehatan yang dialami.
2. Bergabung dalam milis-milis kesehatan dan diskusi tentang penyakit tertentu.
3. Mencari informasi mengenai penyakit yang bersifat self limiting diseases dan pengobatannya.
4. Mengetahui kondisi gawat daruratdan kapan harus ke dokter.
5. Bersikap kritis terhadap diagnosis, pemeriksaan laboratorium/roentgen, pengobatan dari dokter. Diskusikan dengan dokter mengenai masalah tersebut.
6. Mencari informasi dan guideline di internet mengenai penyakit dan pengobatannya. Tetap kritis!
7. Bila masih ragu, kita punya hak meminta second opinion dari dokter lain.

Sikap kritis juga diperlukan saat kita berobat ke dokter. Tujuan kita ke dokter bukan mendapatkan resep obat, melainkan mendapatkan informasi (konsultasi) mengenai diagnosis dan cara pengobatannya. Kita harus kritis menanyakan apakah benar-benar perlu pemeriksaan laboratorium, roentgen, atau obat tersebut. Sikap kritis seperti itu akan mencegah pemeriksaan atau pengobatan yang tidak diperlukan.

Dr. Farisda P.M.
sumber: smartpatient.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar