Flashcard (Kartu Memori) untuk Menghafal Al-Quran

Menuntun anak-anak untuk menghafal al-Quran, utamanya surat-surat pendek atau surat-surat pilihan, sesuatu yang menantang dan menyenangkan. Berkaca dari pengalaman dengan anak-anak sendiri, entah karena daya memori yang "alakadarnya", saya perhatikan bahwa untuk menghafal satu ayat saja, terkadang anak-anak merasa cukup "kerepotan". Apalagi banyak tugas-tugas lain yang menanti. Maka lahirlah gagasan untuk membuat flashcard atau kartu memori sebagai alat bantu untuk menghafal al-Quran, yang kami susun ayat per ayat atau penggal demi penggal dalam setiap kartu. Maksudnya agar mudah dibawa kemana-mana dan lebih fokus pada ayat yang hendak dihafal saja.

Agar bisa bermanfaat kepada orang banyak, kami buatkan file PDF yang siap cetak (print-out). Kali ini kami baru sempat membuat untuk dua surat yaitu surat al-Mulk (67) dan as-Sajdah (32), yang masing-masing memiliki keutamaan khusus dan jumlah ayat setiap surat tersebut sama-sama 30 ayat. Kira-kira kalau setiap hari anak-anak bisa menghafal satu ayat saja, insya Allah dalam sebulan bisa menghafal satu surat tersebut.

Ada dua versi yang saya buat, yaitu versi polos (hitam-putih) dan versi berwarna. Kita bisa memilih yang mana yang akan kita gunakan, mungkin disesuaikan dengan jenis printer atau tinta yang tersedia di rumah kita masing-masing.

Download Flashcard Surat Al-Mulk (Berwarna)

Download Flashcard Surat Al-Mulk (Polos)

Download Flashcard Surat As-Sajdah (Berwarna)

Download Flashcard Surat As-Sajdah (Polos)


Setelah didownload, bisa langsung dicetak (print) dengan kertas karton ukuran A4 kemudian digunting-gunting sesuai garis kotaknya sehingga jadilah flashcard atau kartu-kartu memori.

1 komentar:

  1. Assalam. File sudah tidak ada/dihapus..ada link yang lain. Terima kasih

    BalasHapus