Software Lego Designer

Lego adalah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang terkenal di dunia khususnya di kalangan anak-anak atau remaja tidak pandang lelaki ataupun perempuan. Bongkah-bongkah ini serta kepingan lain bisa disusun menjadi model apa saja. Mobil, kereta api, bangunan, kota, patung, kapal, kapal terbang, pesawat luar angkasa serta robot, semuanya bisa dibuat.

Alat permainan ini dikeluarkan oleh Perusahaan LEGO dari Denmark. Grup Lego bermula dari sebuah usaha kerajinan kayu milik Ole Kirk Chiristiansen, di kota Billund, Denmark. Pada tahun 1916, Christiansen membeli sebuah toko kerajinan kayu di Billund yang telah beroperasi semenjak tahun 1895. Toko ini kebanyakan pekerjaannya adalah membantu pembangunan rumah dan pembuatan mebel kayu, serta memiliki beberapa orang pegawai. Saat Depresi Besar terjadi, Ole Kirk tinggal memiliki sedikit pelanggam dan harus berkonsentrasi pada proyek-proyek yang kecil. Ia memulai memproduksi versi miniatur dari produk-produknya sebagai pembantu rancangan. Model-model miniatur tangga dan papan setrikaan inilah yang menginspirasinya untuk memulai memproduksi mainan.

Pada tahun 1932, toko Ole Kirk mulai membuat mainan kayu seperti celengan, kereta tarik, mobil-mobilan dan truk mainan. Bisnis ini mulanya tidak menguntungkan karena masih pada masa depresi. Para petani di wilayahnya terkadang menukarkan makanan dengan mainan buatannya; Ole Kirk tetap terus memproduksi mebel yang praktis selain mainan supaya usahanya tetap bisa bertahan. Pada tahun 1934, Ole Kirk mengadakan kompetisi diantara para pegawainya untuk memberikan nama baru pada perusahaannya, hadiahnya adalah sebotol anggur buatannya sendiri. Christiansen sedang mempertimbangkan sendiri dua nama untuk perusahaannya tersebut, "Legio" (untuk merujuk pada kalimat "Legiun Mainan") dan "Lego", singkatan yang dibuatnya sendiri dari kalimat Bahasa Denmark leg godt, yang berarti "bermain dengan baik." Belakangan Grup Lego menemukan bahwa kata "Lego" bisa secara bebas diartikan "Saya menyusun" atau "Saya merangkai" dalam Bahasa Latin. Ole Kirk memilih nama yang dipertimbangkannya sendiri, Lego, dan perusahaannya mulai menggunakan nama itu dalam produk-produk mereka.



Bongkahan plastik yang berupa kepingan dapat disusun menjadi model apa saja dalam permainan lego ini. Permainan Lego telah dikenal di dunia anak-anak atau remaja. Bentuk yang dapat dihasilkan beragam, seperti mobil, kereta api,bangunan, kota, patung, kapal laut, pesawat terbang, pesawat luar angkasa dan juga robot. Perlu belajar berimajinasi dalam membayangkan bentuk yang dapat dihasilkan dari bongkahan plastik Lego ini. Tapi untuk versi digitalnya,kita tidak perlu repot dengan bongkahan-bongkahan plastik tersebut. Secara virtual saat ini telah dapat dilakukan melalui software.

Salah satu aplikasi/software yang mendukung virtualisasi tersebut adalah LEGO Digital Designer. Aplikasi gratis ini tersedia dalam dua versi, yakni Mac OS dan Windows. Fitur yang disediakan antara lain, background, brick palete, template, virtual building mode dan new brick.


Versi terbaru adalah LEGO 4.0.20
Besar data :128 MB
Persyaratan Minimum untuk PC :
Sistem operasi: Windows XP, Windows Vista atau Windows 7.
CPU: prosesor 1 GHz atau lebih tinggi
Kartu Grafis: 128 MB (OpenGL 1.1 atau lebih tinggi yang kompatibel)
RAM: 512 MB
Hard disk space: 1 GB



Website dan tempat download software Lego Digital Designer:
website: http://ldd.lego.com/
download: http://ldd.lego.com/en-us/download/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar