Membuat Mainan Baling-baling dari Bambu

Bukan baling-baling bambunya Doraemon ya, tapi ini mainan tradisional yang ditarik-muter-tarik-muter dst atau kalau orang Jawa bilang Kincir Pring.

Cara membuat :

1.  Bambu berdiameter kecil di potong dengan panjang kira-kira 15 cm, dan menyisakan satu bukunya (ujung segment pemisah Bambu).  Buat Lubang;  satu  pada bagian bukunya (untuk poros baling-baling), dan satu lagi pada sisi Bambu (untuk tali penarik), kira-kira 5 cm dari buku bambu.

2.  Bambu berdiameter besar dibelah kecil dan di buat seperti tusuk sate.  Kira-kira panjangnya 25 cm. (kalau bisa di ampelas, supaya halus mengurangi gesekan nanti saat berputar)

3.  Belah lagi Bambu agak lebar dan diserut sampai tipis membentuk baling-baling.  Pada bagian tengah, diberi lubang.(diameter lubang diusahakan sedikit lebih besar dari diameter poros, agar nanti tidak terlalu longgar)

4.  Masukkan bagian c (tusuk sate) pada lubang di baling-baling.  Beri lem agar melekat permanen.

5.  Rangkai semua bahan menjadi sepertidalam gambar di bawah.  Pasang tali dan diikat pada baling-baling.  Dan beri sepotong Bambu kecil pada ujung tali agar tali sebgai pegangan.

Cara memainkan :

Putar baling-baling hingga tali tergulung ke satu sisi.  Tarik dengan keras sehingga baling berputar.  Biarkan putaran menggulng tali ke sisi lainnya, hingga tali bisa di tarik kembali.  Demikian dilakukan berulang-ulang. Tarik-muter-tarik-muter... sampe bisa terbang ke langit nanti....

Semoga bermanfaat!

sumber: prasetyodesign.blogspot.com

2 komentar:

  1. Wahh artikelnya bagus dan bermanfaat banget nih
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus