14 Tips Belajar

Belajar pada zaman sekarang sering di jadikan sebagai momok oleh kaum pelajar. Nah disini akan di bahas mengenai tips belajar . Selamat membaca :)


  1. Niat, dimana-mana kalau kita emang udah niat mau belajar pasti hasilnya lebih memuaskan.
  2. Berdo’a sebelum memulai
  3. Siapkan stamina. Maksudnya? Ini tips belajar kan, bukan tips lari maraton kan? Ahaha. Siapkan stamina itu penting lho, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
  4. Planning, coba yah tuk segala sesutu itu lebih teratur dengan adanya perencanaan. Agar waktu belajar kamu tidak pernah terganggu.
  5. Kumpulkan buku-buku yang akan dipelajari. Mengapa? Karena kalau tidak, pas ada pembahasan yang nggak teman-teman ketahui, musti cari-cari buku lagi deh.
  6. Cari tempat yang nyaman. Supaya kalau buku-buku yang dipelajari berserakan di lantai, tidak mengganggu orang. Selain itu suasana tempat erat kaitannya dengan suasana hati. Jangan sampai gara-gara tempat yang tidak nyaman, mood belajar kita menguap.
  7. Siapkan cemilan. Hah? Bukannya apa-apa, buat ganjal perut aja kalau mendadak lapar.
  8. Putus hubungan dengan dunia luar. Biar nggak terganggu, alangkah baiknya non aktifkan semua benda yang menghubungkan kita dengan dunia luar.
  9. Belajar sedikit, tapi teratur, belajar teratur membuat kita lebih mantap dan siap. Karena, sesuatu yang diulang tentu akan mencap kuat dalam pikiran kita disamping itu itu dengan durasi waktu belum belajar yang ga terlalu lama membuat kita tidak bosan untuk belajar lagi.
  10. Hindari belajar yang berlebihan, belajar berlebihan membuat kita kelelahan fisik dan tidak siap ketika kita menghadapi event-event penting seperti ujian atau tes. Karena, dengan belajar yang berlebihan membuat informasi-informasi yang kita peroleh dari belajar tertutup dan terpendam oleh informasi yang baru sehingga menyebabkan kita lupa.
  11. Sesekali, cobalah belajar di alam terbuka, belajar di alam terbuka sangat baik untuk memberikan inspirasi kepada kita, terutama terhadap pelajaran yang membutuhkan imajinasi yang tinggi, seperti pelajaran bahasa dan sastra, melukis. Akan tetapi, cara ini dapat digunakan kok, ketika belajar mata pelajar sains atau matematika.
  12. Rajin membaca, menulis, mendengar dan menjelaskan. Coba saja deh, pasti hasilnya lebih lagi.. Karena dengan membaca dapat menambah pengetahuanmu, dengan menulis dapat mengatur kerja otakmu agar lebih terstruktur, dengan mendengar kamu dapat memilah dan menyeimbangkan mata dan telingamu. Sudah itu, bila sudah bisa ketiganya, coba jelaskan apa yang kamu pelajari kepada orang. Disamping hasil belajar kamu lebih memuaskan, kamu juga senang khan bisa mengajar orang lain?!
  13. Kejar ilmu bukan nilai. Kata guru bahas Inggris saya, sebenarnya ketika kalian ujian sebaiknya usahalah untuk mengerti. Bukan mencari-cari nilai yang tinggi. Buat apa bangga dengan hasil orang lain? dikemudian hari pasti kita bakal nyesel cuma cari-cari nilai aja kita sekolah.
  14. Berdo’alah setelah selesai belajar.

Semoga tips diatas dapat berguna untuk kamu yang membaca dan saya :p. Hehehe, dan dapat mengubah image momok menjadi cinta , hehehe :p

sumber: sevrinacandra.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar