Membuat Prakarya Lampu Unik Kreatif

Di sekitar rumah dan lingkungan kita, banyak sekali barang-barang bekas yang sering dibuang. Padahal sesungguhnya masih bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka macam kerajinan atau prakarya yang berguna dan menarik. Disamping bisa jadi bahan pajangan, bahkan bila dikelola dengan baik bisa mendatangkan uang, paling tidak kita bisa mengisi waktu keluarga kita sekaligus mendidik anak-anak dengan kegiatan yang kreatif dan bermanfaat. Dua buah proyek kerajinan tangan berikut ini patut untuk di coba!

1. Lampu Botol 


2. Lampu Topi


3. Lampu Matahari (khusus untuk ruangan yang gelap di siang hari)



4. Lampu Renda


Berikut ringkasan tahap pembuatannya:

Siapkan kain renda yang sesuai untuk pembuatan Lampu Renda ini:



 Bubuhi lem wallpaper (kertas dinding) sampai kain renda tersebut benar-benar basah secara merata.


Gantukan karet balon yang telah ditiup pada seutas tali, kemudian lekatkan renda yang telah dibubuhi dengan lem perekat tersebut seperti membungkus balon tersebut secara menyeluruh. Tambahkan lapisan lem perekat tambahan untuk memastikan bahwa tidak ada celah yang belum terlapisi lem, sekaligus menambah kekuatannya.


Biarkan selama semalam hingga kering. Setelah kering betul, tusuk (bocorkan) balon tersebut. Lalu hubungkan dengan kabel dan fitting lampu di bagian atasnya.



Siap dipasangi lampu dan digantung di tempat yang sesuai. Variasi bentuk-bentuk Lampu Renda lainnya:


5. Lampu Awan Malam


6. Lampu Tetra Box


7. Lampu Sendok


Perhatikan ringkasan tahap pengerjaannya:

Persiapkan bahan-bahan seperti tampak dalam gambar di bawah ini:


Potong sendok plastik untuk mengambil bagian kepala sendok:


Potong atau lubangi bagian dasar botol plastik seperti tampak pada gambar:


Mulai rekatkan satu-persatu kepala sendok pada botol plastik yang telah dilubangi dasarnya. Mulailah dari bagian bawah botol dengan menyisakan lubang seperti tampak pada gambar:


Sebagian potongan kepala sendok dirangkai dan dilekatkan sedemikian rupa seperti tampak di bawah ini untuk dipasang di bagian puncak lampu hias ini:


Lampu sendok siap untuk dipasangi rangkaian bola lampu, fitting dan kabelnya.


Berikut contoh beberapa variasi bentuk Lampu Sendok yang lain, bagi yang ingin mencoba tantangan untuk membuat sendiri aneka model Lampu Sendok yang unik dan artistik.



Selamat mencoba!

6 komentar: