MP3 untuk Belajar Tajwid dan Menghafal al-Quran

Setelah anak kita mampu membaca al-Quran, biasanya ditandai dengan khatam buku Iqra' jilid 6, tentunya kita ingin agar mereka tetap terbiasa membaca al-Quran. Karena sesuai dengan namanya, al-Quran yang artinya "Bacaan", ia harus sering dibaca, dikaji dan dipelajari tanpa jemu. Pendeknya tiada hari tanpa membaca al-Quran. Orang tua dituntut untuk jeli mengawasi dan mengarahkan anak-anak agar menjadikan al-Quran sebagai tema kegiatan rutin dalam keluarga. Hal ini tentunya membutuhkan kreativitas disamping komitmen yang kuat dari ayah dan ibu.

Dua kegiatan sebagai "follow-up" yang harus dijalani setelah anak-anak kita mampu membaca al-Quran adalah tahsinul-qiraah atau tajwid dan tahfidzul-quran atau menghafal al-Quran. Kedua kegiatan lanjutan tersebut sangat mendukung untuk melangkah ke jenjang selanjutnya yang biasanya dijalankan pula secara simultan yaitu mempelajari kandungan makna al-Quran.

File-file audio (MP3) berikut ini adalah salah satu media kreatif alternatif yang bisa mendukung kegiatan belajar tajwid dan menghafal al-Quran bagi anak-anak kita. Disamping adanya bacaan imam dan qori dari Timur Tengah, yang menjadikan file-file MP3 ini berbeda dengan yang lainnya adalah adanya suara anak-anak yang mengikuti setiap bacaan imam tersebut ayat per ayat. Sehingga sangat membantu untuk menghafal al-Quran. Bahkan terkadang diulang beberapa kali disertai koreksi dan penegasan bacaan yang betul dan fasih.

Download dan simak baik-baik dengan keluarga anda:

Juz Amma 1 al-Afasy
Juz Amma 2 al-Afasy

1 komentar: