Text to Speech Bahasa Indonesia


Barangkali sudah banyak diantara kita yang pernah menggunakan program text to speech yaitu program untuk mengubah tulisan atau file teks menjadi suara atau file audio. Fitur text to speech ini terdapat pula dalam aplikasi-aplikasi populer semisal Microsoft Excel, dan lain-lain. Sayangnya, program-program tersebut pada umumnya (kalau bukan semuanya), tidak mendukung pembacaan teks Bahasa Indonesia. Biasanya hanya membaca tulisan dengan aksen bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Apakah memang belum ada software text to speech untuk Bahasa Indonesia?

Usut punya usut, selidik punya selidik, ternyata sudah ada! Namanya IndoTTS yang dibuat oleh Arry Akhmad Arman. Berikut ulasan dari pembuat program ini:

Indo TTS adalah program TTS pertama Bahasa Indonesia. Prototip pertama program ini telah dikembangkan sejak tahun 2000, segera setelah tersedia diphone database Bahasa Indonesia yang juga dibuat oleh saya sendiri.

Jika anda tertarik untuk membuat aplikasi berbasis Windows yang menggunakan TTS Bahasa Indonesia didalamnya, silakan email ke : aa@lss.ee.itb.ac.id untuk mendapatkan SDK secara gratis untuk tujuan non-komersial. Saat ini tersedia untuk platform Borland Delphi,Visual Basic dan C++.

Karakter bunyi ucapan yang dihasilkan ditentukan oleh orang (pengucap) yang dijadikan sumber suaranya.
TTS dengan teknologi ini dapat dibuat untuk karakter suara (orang) yang baru dengan cara membuat diphone database yang baru, menggunakan orang yang diinginkan.

IndoTTS dilengkapi dengan Model Intonasi Bahasa Indonesia. Tidak mudah untuk mengembangkan model intonasi Bahasa Indonesia, karena data-data linguistik di Indonesia masih sangat terbatas. Mudah-mudahan dengan berjalannya waktu, intonasi yang dihasilkan dapat terus diperbaiki.

Semoga program yang saya buat ini bermanfaat untuk turut memacu perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia.

Salam,
Arry Akhmad Arman
email : aa@lss.ee.itb.ac.id ; aa_arman@rocketmail.com
Lab. Sinyal dan Sistem
Departemen Teknik Elektro ITB

Website: http://indotts.melsa.net.id/download.html
Atau download langsung di sini: http://indotts.melsa.net.id/download/IndoTTSV0924.zip

4 komentar:

  1. subhanallah , makasih akhi ,
    ijin menyebarkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bila disebarkan dgn link mediapendidikan.co.nr :)

      Hapus
    2. memangnya yang lewat internet gak ada ya? saya cuma punya hp jadul. gak punya laptop, komputer, pc atau tablet. mohon bantuannya boss..

      Hapus
  2. Jazakumullah khairan katsir...

    BalasHapus