Kids Place Parental Control


Membiarkan anak-anak untuk menggunakan smartphone kita adalah suatu dilema. Di satu sisi, kita ingin memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengenal gadget serta memanfaatkan aplikasi-aplikasi tertentu yang berguna, baik berupa permainan maupun pembelajaran. Di sisi lain, kita kuatir jangan sampai -dan faktanya sering demikian- baik secara sengaja maupun tidak sengaja mengutak-atik aplikasi, fitur, atau setting tertentu yang bisa merusak atau merepotkan kita nantinya. Bingung, kan?

Aplikasi Kids Place Parental Control inilah jawabannya. Kegunaan utama aplikasi ini adalah menciptakan suatu lingkungan atau tempat khusus bagi anak-anak dalam sistem Android. Di situ anak-anak hanya bisa memainkan aplikasi-aplikasi yang sudah kita pilih dan seleksi. Sedangkan semua aplikasi, fitur, dan setting selain itu tidak bisa mereka akses. Bukan itu saja. Kids Parental Control memiliki pula fitur untuk membatasi waktu penggunaan bagi anak-anak. Bila batas waktu tersebut sudah sampai, sistem otomatis terkunci.

Mari kita ikuti langkah demi langkah cara memasang aplikasi ini.

Cari aplikasi Kids Place Parental Control di Google Play lalu install hingga selesai:


 Setelah install selesai, jalankan Kids Place, pilih Accept License, lalu tap tombol Set PIN:


Ketik angka PIN yang anda kehendaki, tap tombol Update PIN, lalu PIN Recovery Options bisa anda isi ataupun lewati dengan men-tap tombol Continue:


Masuk ke menu Setting lalu pilih opsi pengaturan yang anda inginkan. Utamanya beri tanda pada opsi Lock home button. Demikian pula opsi-opsi lain, bisa anda pilih ataupun kosongkan sesuai kebutuhan, misalnya: Allow Internet Connection (apakah anda memberi kesempatan anak anda terhubung dengan internet?), Allow phone calls (apakah anda memberi kesempatan anak anda untuk menerima atau menelpon?), Start on device reboot (Kids Place otomatis aktif setiap kali gadget dinyalakan), Lock device volume control (mencegah anak-anak mengubah volume suara), dan lain-lain.


Keluar dari menu Settings, akan muncul dua tombol yaitu Lock Home Button dan Select Apps for Kids Place. Tap tombol Lock Home Button. Muncul tampila seperti di bawah (kanan) lalu tap tombol Lock Home Button yang ada di bagian bawah kiri:


Beri tanda centang pada kotak Use by default for this action lalu tap Kids Place di atasnya. Muncul tombol Select Apps for Kids Place, tap tombol ini:


Beri tanda centang pada program atau aplikasi yang anda perkenankan dipakai oleh anak-anak anda. Setelah semua yang ingin ditandai selesai, coba tap pada tab Selected Apps di atasnya, maka akan tampaklah semua program dan aplikasi yang bisa diakses oleh anak-anak dalam lingkungan Kids Place ini nantinya.


Beginilah tampilan lingkungan Kids Place yang bisa diakses oleh anak-anak. Anda bisa mengakses menu dengan tap pada tombol kiri gadget anda maka muncullah menu seperti di gambar bawah kanan. Dari menu tersebut kita bisa masuk ke menu pemilihan aplikasi (Select Apps), pengaturan program (Settings), bisa mengatur waktu penggunaan oleh anak-anak (Timer), memilih wallpaper, dan lainnya. Dari menu ini kita juga bisa meninggalkan aplikasi Kids Place untuk masuk ke lingkungan Android yang normal. Setiap kali kita ingin mengakses salah satu menu tersebut, kita diharuskan untuk memasukkan nomor PIN.


Demikian sekilas petunjuk cara pemasangan dan penggunaan Kids Place. Semoga bermanfaat. Jangan lupa memasang shortcut aplikasi Kids Place di layar anda. Bila ada anak-anak yang ingin menggunakan smartphone Android anda, tinggal tap shortcut tersebut, sistem masuk ke lingkungan Kids Place, dan anda tidak usah kuatir anak-anak mengutak-atik Setting, daftar nomor telepon (Contact), menelepon ataupun menghapus file-file penting anda. Biarkan anak-anak memakai apa yang telah diizinkan bagi mereka.

1 komentar: