Zekr Plus : Software Al-Quran "Serba Bisa"

Dari sekian banyak software al-Quran yang pernah kami coba, menurut kami Zekr adalah yang terbaik sampai saat ini. Zekr adalah sebuah software al-Quran "serba bisa" karena memuat keseluruhan al-Quran (30 juz, 114 surat) lengkap dengan terjemahan (dalam berbagai bahasa) dan audio bacaan murottal yang dilantunkan oleh banyak Qari dan Imam yang bisa dipilih. Disamping itu terdapat pula fitur pencarian (search) per kata, baik ayat maupun terjemahannya. Software ini tersedia dalam versi portable yang tidak membutuhkan instalasi sehingga bisa dijalankan langsung dari media penyimpanan portable (seperti flashdiks) menjadikan Zekr begitu praktis untuk dibawa kemana-mana.

Software Zekr bisa didownload di websitenya (http://zekr.org) dalam keadaan terpisah-pisah antara program utamanya, terjemahan, dan bacaan murottalnya. Untuk memudahkan anda, bisa memesan software Zekr Plus yang telah kami kemas dalam satu keping CD yang sudah memuat 6 terjemahan dan 3 bacaan murottal.

Berikut panduan ringkas menggunakan Zekr (illustrasi sesuai dengan CD Zekr yang kami telah buat).

Di panel kiri tampak keterangan tentang Surat yang sedang ditampilkan di panel utama (kanan):


Cara Memilih Terjemahan yang ingin ditampilkan, ada Terjemah Indonesia, English, Tafsir al-Muyassar (Arab), Tafsir Jalalayn (Arab), Tafsir Jalalayn (Indonesia).


Contoh tampilan Zekr dengan Terjemah Indonesia:


Cara Mengaktifkan Tampilan Multi Terjemah


Pilih Terjemah yang ingin diaktifkan


 

Contoh tampilan Multi Terjemah dengan Tafsir Jalalayn Arab dan Indonesia


Cara Mengaktifkan Panel Pemutar Audio Murottal. Setiap ayat dibacakan oleh Qari' diikuti dengan perubahan pada panel utama yang menyorot ayat yang sedang dibaca oleh Qari' tersebut.


Tampilan Pemutar Audio. Tampak tombol-tombol untuk Play, Pause, Stop, pengaturan volume suara, dll.


Cara memilih Qari'/Imam yang membacakan al-Quran. Luring (Offline) bisa diputar tanpa koneksi Internet, During (Online) hanya bisa diputar bila terhubung dengan Internet.



Untuk keperluan penghafalan al-Quran, anda bisa menggunakan fitur Ulang, pilih berapa kali setiap ayat yang dibacakan oleh Qari' akan diulang-ulang agar untuk memudahkan kita menghafal ayat-ayat tersebut:


Contoh Penggunaan Fitur Pencarian Kata:



Apakah anda merasa ukuran font Arab yang ditampilkan masih kecil? Zekr memberi jalan untuk mengubahnya. Klik menu Peralatan (Tools) lalu klik Opsi.


Muncul jendela seperti di bawah ini. Pilih tab Tampilan. Klik ganda (dua kali secara cepat) sel pada baris quran_fontSize di kolom Nilai. Ketik angka ukuran font yang anda inginkan. Misalnya: 22 atau lebih.


Software Zekr bisa dipesan di sini.
Dengan memesan Zekr yang kami kemas dalam sekeping CD, anda memperoleh software Zekr yang telah memuat 6 (enam) Terjemahan (Indonesia: Terjemah Depag, Terjemah Tafsir Jalalayn; English: Abdullah Yusuf Ali, Transliteration; Arab: Tafsir Al-Muyassar, Tafsir Jalalayn) dan 3 (tiga) Qari'/Imam yang membacakan audio murottal al-Quran (Al-Ghamidy, As-Sudais, As-Shuraim).

1 komentar: