Mencerna Data/ Informasi Lebih Cepat, Mudah dan Menyenangkan dengan Infographics


Salah satu penyajian data/informasi yang menarik adalah dalam bentuk gambar, grafik atau visual, yang biasa disebut dengan Infographic (Information graphics). Berbagai data yang komplek ketika disajikan dalam bentuk visual akan lebih mudah diterima dan ditangkap serta tidak membosankan.


Meskipun kelihatan sederhana, tetapi proses pembuatan sebuah Infographics bisa sangat kompleks, karena selain memerlukan banyak data, kemampuan design pun diperlukan. Bagi yang ingin melihat berbagai informasi disajikan dalam bentuk visual/gambar atau Infographics, salah satu website yang paling lengkap dalam hal ini adalah visual.ly.


Di website ini terdapat koleksi ribuan (puluhan ribu) infographics yang sudah dikategorikan, sehingga memudahkan kita mencari informasi yang diinginkan. Misalnya mulai dari kategori Animals, Bisnis, Komputer, Ekonomi, Edukasi, Gaming, Kesehatan dan masih banyak puluhan kategori lainnya.


Semua informasi disajikan dalam bentuk visual, sehingga akan lebih mudah ditangkap dan informasi akan lebih cepat sampai. Sebenarnya tidak hanya informasi, tetapi berbagai ilmu juga bisa kita dapatkan didalam infographics tersebut. Beberapa situs/website lain yang juga menyediakan Infographics:

Daily Infographics
Infogr.am (juga menyajikan cara membuat infographics)
Cool Infographics
Good.is Infographics
Infographics di Pinterest



Rasulullah (shallallahu 'alaihi wasallam) sendiri sebagai pendidik manusia nomor satu, sering mencontohkan cara pemaparan dan penjelasan dengan bantuan visualisasi ini. Perhatikan hadits-hadits berikut:

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membuatkan kami satu garis kemudian beliau bersabda: "Ini adalah jalan Allah." Kemudian beliau menggaris beberapa garis dari sebelah kanan dan sebelah kirinya, lalu beliau bersabda: "Ini adalah banyak jalan." Yazid berkata; "Bermacam-macam, pada setiap jalan ada setan yang mengajak kepadanya, kemudian beliau membaca ayat: (Dan bahwa (yang kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, Maka ikutilah Dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), Karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalannya)." (HR. Ahmad)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membuat garis kotak, ditengah-tengahnya beliau membuat satu garis, satu garis diluarnya dan beberapa garis disekitar tengahnya lalu beliau bersabda: "Ini adalah anak cucu Adam, ini ajalnya mengitarinya, yang ada ditengah ini manusia dan garis-garis ini halangan-halangannya, bila ia selamat dari yang ini ia digigit oleh yang ini (maksudnya kematian), sementara garis yang di luar adalah angan-angan." Hadits ini shahih. (HR. Tirmidzi).


sumber: ebsoft.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar