Aneka Gunting Tanaman

Agar tanaman kita selalu tampak indah, tentu kita harus rajin "meriasnya". Untuk itu, kita perlu memiliki alat berupa gunting.

Kendati bahan dasar gunting sama-sama terbuat dari baja (stainless steel) dan sama-sama untuk memotong, tapi fungsi tiap gunting berbeda. Perbedaan fungsi gunting bisa dilihat dari bentuk, mata gunting, besar, dan panjangnya.

Berikut beberapa gunting, serta penggunaannya:

1. Swivel Grass Shear

Bentuknya seperti gunting pada umumnya. Mata gunting memanjang dengan ujung lancip. Yang agak berbeda, mata gunting ini bisa diputar 360^(o). Jadi, bisa dipakai sekehendak kita. Mau vertikal atau horizontal. Gunting ini digunakan untuk merapikan tanaman yang tumbuh secara tidak beraturan. Umumnya dipakai untuk memotong ranting, atau daun pada tanaman hias yang berukuran kecil. Panjang gunting ini 25 cm.

2. Grass Cutter

Gunting ini khusus digunakan untuk memotong tanaman di dasar taman, seperti rumput. Ukurannya lumayan besar dan panjang. Panjangnya bisa sampai 51 cm. Gagang gunting terbuat dari kayu. Bentuk mata gunting panjang lurus, dan lancip pada ujungnya. Di antara gunting pemotong rumput, boleh dibilang bentuk gunting ini paling sederhana.

3. Wavy Hedge Shear

Sama seperti grass cutter. Gunting ini berfungsi untuk memotong alas taman, seperti rumput. Tapi gunting ini memiliki kelebihan. Bentuk mata gunting, tidak sepenuhnya lurus. Kedua sisi mata gunting yang berdekatan dengan gagangnya, berbentuk seperti gelombang. Fungsi mata gunting bergelombang ini, untuk menghindarkan agar rumput tidak terpotong semua. Kelebihan lainnya, gagang gunting dilengkapi dengan karet. Hingga ketika Anda sedang giat-giatnya menggunting, dan tangan berkeringat, pegangan gunting tak akan licin. Panjang gunting mencapai 60 cm.

4. Wavy Telescopic Hedge Shear

Bentuk dan fungsi gunting ini sama persis dengan wavy hedge shear. Hanya saja, gunting ini memiliki kelebihan pada gagangnya. Selain dilapisi karet, gagang gunting tipe ini dapat dipanjang-pendekkan sesuai dengan kebutuhan kita. Hingga ketika kita sedang memotong rumput, dan ingin mencapai tempat yang lebih jauh, kita tinggal memanjangkan gagang gunting. Tidak perlu berpindah tempat. Dalam kondisi normal, panjang gunting 60 cm, dan bila dipanjangkan mencapai 84 cm.

5. Deluxe Anvil Prunner

Gunting yang berbentuk seperti tang ini digunakan untuk memotong ranting kecil dan lunak. Ini terlihat pada salah satu mata guntingnya terdapat karet. Bentuk mata gunting, juga tidak terlalu melengkung. Agar memudahkan penggunaan terdapat per di pertengahan gunting. Panjang gunting sekitar 17 cm.

6. Deluxe By-Pass Prunners

Fungsinya hampir sama dengan deluxe anvil prunner. Bedanya, tipe gunting jenis ini digunakan untuk memotong ranting kecil yang keras. Ini bisa terlihat dari salah satu mata guntingnya bergerigi dan tidak ada karet. Bentuk mata gunting juga terlihat lebih melengkung. Bedanya lagi, gagang pada gunting ini terlihat lebih kuat dan kekar. Panjang deluxe anvil prunners 17 cm.

7. Deluxe By-Pass Loppers

Digunakan untuk memotong ranting tanaman berukuran besar di tempat yang tinggi atau jauh dari jangkauan tangan. Panjang gunting ini mencapai 76 cm. Bentuk mata pisau melengkung. Gagang gunting dilapisi karet. Hingga bila tangan kita berkeringat ketika menggunakannya, pegangan tidak akan terasa licin.

8. Deluxe Anvil Loppers

Gunting jenis ini digunakan untuk memotong ranting yang besar. Ini terlihat dari mata gunting berbentuk lurus, tajam, dan terlihat kuat. Panjang gunting ini mencapai 76 cm dan biasa digunakan pada pohon tinggi atau jauh dari jangkauan tangan. Gagang gunting dilapisi dengan karet, hingga tak licin bila digunakan.


Penulis: Budi S.
Foto: Armin DP
Properti: ACE Hardware, Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan

sumber: ideaonline.co.id

1 komentar:

  1. Mas klo gunting yg no.8 bli ny d mn ya?
    & hrga ny brpa?

    BalasHapus