Mikroskop dari Botol Plastik

Mikroskop merupakan alat pembelajaran yang relatif mahal. Pengadaan di sekolah jarang sama banyaknya dengan jumlah siswa. Untuk menyiasati kondisi itu, Elli Arianti (43), guru biologi Madrasah Aliyah Negeri Model Banda Aceh, membuat mikroskop sendiri dari botol plastik.

"Prinsip kerja mikroskop ini adalah pembesaran obyek yang dilakukan dua lensa cembung, yaitu lensa obyektif di dekat preparat (obyek renik yang diamati) dan lensa okuler untuk pengamatan di dekat mata," kata Elli, Selasa (4/10/2011) di Jakarta. Lewat kreasi inovatifnya, Elli menerima penghargaan sebagai pemenang pertama Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta.

"Siswa membutuhkan mikroskop untuk belajar biologi mengenai sel dan susunan jaringannya," kata Elli. Di sisi lain, ketersediaan mikroskop di sekolah tempatnya mengajar sangat terbatas.

Mikroskop optik yang mahal, menurut Elli, selain jumlahnya sangat terbatas, juga rentan rusak. Sesuai ketentuan, siswa yang merusakkan alat harus mengganti.

"Itu hambatan yang sering dirasakan siswa ketika harus mengamati benda kecil dengan mikroskop optik. Mereka menjadi tidak bisa leluasa," kata dia.

Elli menemukan inspirasi mikroskop dari botol plastik sudah lama. Namun, ia baru merancang teknik pembuatannya pada Juli 2011. Inspirasi ini ia peroleh saat mengamati botol kemasan plastik berisi air yang ternyata menyebabkan benda di belakangnya terlihat lebih besar.

Elli memanfaatkan tetesan air bersih di permukaan lapisan botol plastik untuk membentuk lensa cembung yang digunakan sebagai lensa obyektif untuk mengamati preparat.

Sebelumnya, Elli juga mempelajari fungsi air yang dapat digunakan sebagai lensa. Secara fisika, air memang dapat digunakan sebagai lensa cembung untuk memperbesar obyek.

Mikroskop ini kemudian disertakan dalam LKIG yang diadakan LIPI.

Potongan plastik




Untuk membuat mikroskop rekaan Elli, digunakan botol plastik kemasan minuman yang memiliki sedikitnya tiga alur horizontal melingkar. Bagian alur cembung pertama dan ketiga dipotong secara horizontal.

"Dari potongan yang semula berbentuk tabung, dipotong lagi pada satu bagian melintang secara vertikal sehingga menjadi lembaran," kata Elli.

Lembaran itu disisihkan sebagian. Caranya, dengan memotong lekukan pertama dan ketiga hingga dua pertiga bagian. Pemotongan ini menyisakan satu alur di tengah yang tetap menyatu dengan sepertiga bagian yang semula.

"Alur yang ada di tengah dari hasil pemotongan itu nantinya ditekuk dan dimanfaatkan untuk membentuk lensa okuler," kata Elli.

Pembuatan lensa okuler dilakukan dengan cara membentuk lubang transparan di antara warna hitam. Warna hitam diperoleh dengan mewarnai plastik dengan menggunakan spidol permanen.

Pada mikroskop, lensa obyektif ataupun lensa okuler sama-sama merupakan lensa cembung. Lensa obyektif menghasilkan bayangan semu, terbalik, dan diperbesar. Bayangan akhir yang makin diperbesar, posisinya sama dengan obyek yang diamati, dapat diperoleh melalui lensa okuler.

Sel bawang merah

Elli mempraktikkan penggunaan mikroskop dari botol plastik untuk mengamati sel bawang merah. Sebanyak 36 siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Banda Aceh menguji coba mikroskop ini.

"Siswa terampil membuat dan menggunakan untuk mendapatkan hasil pengamatan sel dengan jelas," kata Elli.

Lapisan kulit ari bawang merah dibuat setipis mungkin, kemudian ditempatkan sebagai preparat pada bagian luar lensa obyektif dari lapisan plastik botol tersebut.

Pada lapisan dalam ditetesi air bersih sehingga membentuk lensa cembung. "Pengamatan sel bawang merah dengan cara diarahkan ke sumber cahaya," kata Elli.

Cahaya yang cukup pada preparat berguna untuk memperoleh hasil pengamatan sel yang terpisah satu sama lain. Lazimnya mikroskop, fungsi pencahayaan diatur oleh lensa kondensor.

"Mikroskop ini juga digunakan untuk pengamatan spora sebagai alat reproduksi tumbuhan perintis lumut," kata Elli.

Meskipun belum diukur kemampuan pembesarannya, mikroskop sederhana dari botol plastik kemasan minuman ini bisa menjadi alternatif pengganti mikroskop secara murah dan mudah. Selain bisa mendalami pelajaran biologi, kepercayaan diri siswa pun makin meningkat.

sumber: ristek.go.id

CD Edukasi Interaktif: Oxford Grammar

Oxford Practice Grammar menyajikan sekumpulan latihan-latihan soal untuk mengasah kemampuan anda dalam penguasaan Grammar atau Tata Bahasa Inggris. Disajikan secara interaktif, lengkap dengan audio. Software ini memiliki tiga model latihan: Listen and Speak, Read and Write, dan Test and Review, dijamin anda tidak akan bosan untuk berlatih dan terus meningkatkan kemampuan Grammar anda. Setiap paket latihan akan disertai laporan tentang kemajuan belajar anda. Bukan hanya sekedar menyajikan tes, semua software ini memberikan penjelasan ringkas tentang Grammar yang berkaitan dengan soal yang diujikan.

Sebagian tampilan isi dari Software Interaktif Oxford Practice Grammar:




DOWNLOAD DI SINI (4 CD):

http://rapidshare.com/files/138772529/Oxford_Practice_Grammar_BASIC_by_malkich.rar
http://rapidshare.com/files/114264495/Oxford_Practice_Grammar_INTERMEDIATE.rar
http://rapidshare.com/files/138779338/Oxford_Practice_Grammar_ADVANCED_by_malkich.rar
http://rapidshare.com/files/77244425/Grammar_checker-oxford.rar

Respons Untuk Agama-agama Ibrahim

Yahudi memang tidak identik dengan Zionis. Dan pendukung paham Zionisme tidak musti berkebangsaan Yahudi. Semenjak digulirkannya paham rasis ini, Zionisme mendapat banyak tantangan, baik dari kaum Yahudi ortodoks maupun oleh kalangan reformis di Amerika dan Inggris. Respons Yudaisme terhadap Zionisme mengandung berbagai makna: (1) Tujuan Zionis mempercepat kolonisasi Yahudi di ‘tanah yang dijanjikan’ adalah bentuk pelecehan dari doktrin messianisme. Zionisme telah mengubah konsep ‘the promise land’ menjadi nasionalisme tanpa Tuhan. (2) Mempercepat kedatangan sang messiah secara premature.

Beberapa tahun lalu, seorang Rabbi Yahudi ortodoks mengunjungi Indonesia dan menggelar seminar di Universitas Indonesia. Rabbi tersebut mendukung perjuangan Palestina dan menolak berdirinya Israel Raya.yang telah melanggar perintah Tuhan dalam Talmud. Merespons acara itu sejumlah media Islam-liberal Indonesia melansir bahwa Yudaisme tidak bertentangan dengan aqidah Islam. Persoalannya, apakah para pengikut Yudaisme, termasuk: Naturei Karta dan The Haredi Movement ini tergolong dalam ahlul kitab? Dari sudut pandang Islam, yang dikategorikan kufur adalah mendustakan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan segala hal yang beliau syiarkan. Oleh sebab itu, kaum Yahudi dan Nasrani tergolong kafir ahlul kitab. Lantaran mereka tidak mau mengakui kenabian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Jadi, sungguh ironis bila Yahudi dan Kristen turut mengklaim sebagai penerus agama Ibrahim.

Dalam kitab suci Islam, Yahudi dan Nasrani, Nabi Ibrahim 'alaihissalam disapa sebagai ‘Sahabat Tuhan’. Begitu pentingnya peran Ibrahim dalam sejarah ketiga agama ini sebagai ‘Bapak Monoteisme’. Dalam keterkaitan Islam, Kristen dan Yahudi sering disebut sebagai Tradisi Ibrahim atau Abrahamic Faiths. Istilah tersebut telah lama dipublikasikan oleh banyak kalangan pengkaji agama-agama.

Bulan Oktober 2007, Harvard University menggelar konferensi ’Children Of Abraham’: A trialogue of civilization. Seperti klaim para pemerhati lintas agama, tujuan seminar itu tidak lain agar Islam, Kristen dan Yahudi yang menjadi generasi keturunan Ibrahim dapat bersinergi membuahkan saling pengertian dan toleransi demi menjunjung perdamaian dunia.

Sejatinya, bagi sejarah Islam, dialog antar agama bukan merupakan hal baru. Bila kita telisik sejarah, di Madinah Rasulullah pernah berdialog dengan bermubahalah bersama kaum Kristen Najran, selain itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bernegosiasi dengan komunitas Yahudi menggulirkan Piagam Madinah.

Pada galibnya, doktrin Islam, Kristen dan Yahudi sama-sama merasa sebagai penerima tongkat estafet millah Ibrahim. Kisah nabi Ibrahim versi Yahudi termuat dalam berbagai ayat dalam Bible. Yahudi mengklaim Ibrahim sebagai ’the first patriach of the people of Israel’. Ibrahim putra Terah, keturunan Noah melalui garis silsilah Sem yang menurunkan bangsa Asyria dan Aramea. Pohon keluarga ini yang kemudian dikenal dengan Semitic. Akhirnya, terjadi penyesatan opini, dimana setiap gerakan anti Yahudi disebut sebagai anti semit meski sebenarnya dalam keturunan Ibrahim terdapat pula silsilah bangsa Arab dari keturunan Ismail.

Menurut Dr Jerald F Dirks dalam buku Ibrahim Sang Sahabat Tuhan, merepresentasikan:

‘ Dalam agama Yahudi, dialah orang yang pertamakali menerima perjanjian antar orang-orang Yahudi dan Allah. Dalam agama Kristen, ia adalah bapak leluhur yang terkenal dan penerima perjanjian pertama dengan Allah., perjanjian yang kemudian direvisi sebgai perjanjian Musa. Sedang perjanjian kedua dianggap diperkenalkan oleh Isa.’

Yahudi dan Kristen bersekutu dalam Bible melalui Perjanjian Lama, biasanya mereka mengklaim sebagai keturunan Ibrahim dari garis Ibrahim-Iskak-Yakub.

Dr Jerald F Dirks, menulis:

’Dalam agama Islam. Ibrahim adalah panutan iman yang teguh dan penganut monoteisme yang kokoh, nabi dan rasul dan penerima salah satu kitab wahyu asli yang diberikan Allah kepada manusia’.

Al-Qur’an mengilustrasikan sosok Ibrahim sebagai pembela dan penegak Tauhid. Dengan penekanan keimanan pada Allah subhanahu wata'ala sebagai jalan menuju keselamatan, tertulis dalam QS 3: 67

Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik.

Al-Qur’an memposisikan Ibrahim sebagai penentang kemusyrikan, tertuang dalam QS Al-An Am : 79.

Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.

Dalam pandangan Islam, konsep millah Ibrahim adalah agama tauhid yang ditegaskan kembali oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Dan hanya Islamlah yang istiqomah melanjutkan ajaran tauhid dari Nabi Ibrahim. Konklusinya, istilah ’Abrahamic Faiths’ yang berlaku bagi Yahudi dan Kristen sebagai millah Ibrahim jelas suatu kekeliruan. Bila dipaparkan secara mendasar, agama Nasrani dan Yahudi berpersepsi sama dalam Bible, namun berbeda pendapat dalam konsep trinitas. Antara Islam dan Yahudi berpandangan sama dalam masalah pengakuan Tuhan yang satu (monoteisme) tetapi sejatinya monoteisme bukanlah agama tauhid yang mengagungkan pengakuan Allah sebagai satu-satunya Tuhan, dimana kita harus ikhlas diatur oleh Allah. Jadi, Tuhan yang satu bukanlah Yahweh atau Fir’aun. Dan, bila menolak tunduk kepada Allah meski mengakui Allah sebgai satu-satunya Tuhan bisa disebut sebagai kafir. Telah terbukti, bahwa Yahudi dan Kristen telah melakukan penyimpangan aqidah.

Sampai saat ini, Yahudi sebagai penganut monoteisme masih bersilang sengketa tentang siapa nama Tuhan mereka. Alih-alih Yudaisme sebagai agama yang disebarkan Nabi Musa 'alaihissalam, justru Yudaisme adalah aqidah yang menyempal dari ajaran Taurat. Sedangkan agama Kristen merupakan keyakinan yang menelikung dari ajaran Isa 'alaihissalam. Seperti halnya Yahudi, Kristenpun menolak kenabian Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dan mengangkat Isa 'alaihissalam sebagai Tuhan. Dan agama Kristen, juga tidak mengenal nama Tuhannya. Mereka hanya menyebut Tuhan sebagai God atau Lord.

Perlu dicermati, hanya Islamlah satu-satunya agama yang dikategorikan sebagai millah ibrahim. Dalam setiap sholatnya, umat Islam selalu membaca doa untuk nabi Ibrahim. Saat hari raya Islam: Idul Adha, merefleksikan kisah perjuangan hidup nabi Ibrahim 'alaihissalam.

Jadi, meski di antara ketiga agama itu mengandung unsur-unsur persamaan, namun kita tidak dapat menafikan perbedaan yang sangat hakiki mencakup konsep dan nama Tuhan yang sejatinya merupakan intisari dari prinsip dasar agama. Atau jangan-jangan polemik ini adalah upaya dari kaum yang menjunjung prinsip liberty-egality-fraternity agar propagandanya diterima secara luas oleh semua kaum beragama dalam rangka menciptakan peradaban global.

Akhirul kalam, istilah agama-agama Ibrahim selayaknya tidak dipergunakan untuk menunjuk agama Yahudi, Kristen dan Islam. Dan sebaiknya kita tidak perlu menjustifikasi ketiga agama tersebut dalam sebuah persamaan. Tidak mustahil bila dipaksakan akan menumbuh-kembangkan paham pluralisme agama. Paham yang gencar mempromosikan prinsip keyakinan yang beragam akan menuju pada hakikat yang sama. Akan lebih bijak bila pluralitas dan diversitas dibiarkan tumbuh alami dalam harmoni kehidupan niscaya akan membuahkan dialog, sehingga dalam bermuamalah akan menghadirkan kerukunan antar umat beragama tanpa memaksakan persamaan di tengah perbedaan. Yang pasti aqidah, adalah ketetapan harga mati yang tak boleh ditawar. Bahwa kita bersaksi tiada Tuhan selain Allah. Dan Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah utusan Allah subhanahu wata'ala.

sumber: www.pjmc2bismillah.wordpress.com

LKB (Lembar Kegiatan Belajar) Bahasa Arab: 5 Koleksi Awal

Belajar Bahasa Arab sulit? Apalagi untuk anak-anak?

Cobalah dengan metode LKB (Lembar Kegiatan Belajar) Bahasa Arab berikut ini.
Anak-anak pun suka!

1) Al-Asma-ul Husna (Nama-nama Allah)
DOWNLOAD:  http://www.ziddu.com/download/6287855/asmaulhusna.zip.html



2) Nama-nama 25 Nabi/Rasul
DOWNLOAD: http://www.ziddu.com/download/6395364/Nama25Nabi.zip.html


3) Nama-nama Sahabat Nabi
DOWNLOAD: http://www.ziddu.com/download/15505916/LKBBahasaArabNamaSahabatNabi.pdf.html


4) Nama-nama Kota
DOWNLOAD: http://www.ziddu.com/download/15551641/LKBBahasaArabNamaKota.pdf.html


5) Mubtada' Khabar dan Kosakata Warna
DOWNLOAD: http://www.ziddu.com/download/16856230/LKB_arab_111016.pdf.html


Selamat belajar Bahasa Arab dengan menyenangkan!

Berbagi Pengetahuan (Metode Kreatif Mengajar)

oleh : Rulan Kis (guru SMP-SMA)

Selama dua tahun awal sebagai guru di tahun 2009 dan 2010, saya melihat kenyataan di kelas bahwa yang mendapat nilai 80 ke atas hanya sekitar 20% dari jumlah siswa di kelas. Hal ini terjadi karena input yang masuk di sekolah saya bukanlah anak-anak unggulan bernilai bagus, rata-rata mereka lemah di matematika dan fisika.

Saya pun berpikir bagaimana meningkatkan persentase siswa yang bernilai 80 ke atas ini secara signifikan. Akhirnya tahun ini saya menemukan cara ini dan saya terapkan di tiap kelas, baik di SMP maupun SMA.

Cara ini saya terapkan untuk bab-bab yang banyak menggunakan analisa dan perhitungan, caranya sebagai berikut :

1. Setiap saya selesai menjelaskan sebuah materi dengan disertai contoh soal,maka saya akan mengadakan kuis mendadak.Dalam kuis ini setiap siswa boleh melihat buku tapi tidak boleh bekerjasama dengan temannya.

2. Saya akan mengoreksi hasilnya secara kilat untuk memilah mana jawaban yang benar dan yang salah untuk melihat mana murid yang sudah paham dan mana yang belum.

3. Murid-murid yang sudah paham akan saya tulis di papan tulis dan mereka berhak menyandang status sebagai teacher.

4. Murid-murid yang belum paham boleh memilih gurunya masing-masing dari teman-temannya yang namanya ditulis di papan tulis tersebut.

5. Saya beri kesempatan bagi murid-murid yang belum paham untuk belajar pada murid-murid yang telah paham yang namanya ditulis di papan tulis.

6. Bagi yang telah siap boleh menemui saya untuk saya uji pemahamannya untuk mengerjakan sebuah soal dalam waktu 1 menit, jika jawaban si murid benar maka si murid dan teman yang mengajarinya akan mendapatkan poin nilai yang menambah nilai ujian nanti.

Cara ini meningkatkan pemahaman siswa meningkat drastis, siswa yang bernilai 80 ke atas yang awalnya cuma 20% meningkat pesat menjadi 60%-80%.

Salah satu manfaat yang tidak saya duga adalah suasana keakraban dan kebersamaan kelas meningkat, murid-murid pintar yang biasanya pelit berbagi sekarang sangat antusias mengajari temannya karena makin banyak murid yang dia ajari makin banyak poin yang dia kumpulkan untuk menambah nilai ujiannya nanti.

Menyenangkan sekali ... :)

Aneka Desain Perpustakaan Mini

Berminat membuat perpustakaan pribadi ataupun perpustakaan rumah untuk kalangan terbatas? Contoh-contoh foto desain perpustakaan berikut ini bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk merancang perpustakaan sendiri, baik di dalam rumah (indoor) maupun di luar rumah (outdoor).













5 Kebiasaan yang Mencerdaskan Anak

Ingin si buah hati tumbuh menjadi anak yang sehat? Ada cara mudah kok untuk mewujudkannya. Pakar anak Chris Paterson memberikan rekomendasi 5 hal yang wajib dilakukan setiap hari supaya anak tubuh menjadi sosok yang sehat nan cerdas.

1. Bacakan buku untuk anak selama 15 menit setiap hari. Membacakan buku secara teratur semenjak kecil penting bagi kemampuan bahasa, mempererat hubungan, dan mengembangkan otak anak.

2. Bermain dengan anak di lantai selama 10 menit. Orang dewasa dan anak perlu berada pada tingkat fisik yang sama supaya bisa bersenang-senang bersama.

3. Ngobrol dengan anak selama 20 menit dengan mematikan televisi. Matikan segala gangguan eksternal, seperti TV, Ini sangat penting supaya Anda dapat fokus dalam mengobrol sehingga tak ada yang mengalihkan perhatian kita.

4. Perhatikan sikap positif anak dan pujilah dia. Ini termasuk dalam kualitas interaksi antara orangtua dan anak, bukan kuantitas.

5. Berikan anak makanan yang bergizi untuk pertumbuhannya. Anak-anak membutuhkan makanan yang baik untuk tumbuh dan berkembang. Tetapi yang juga penting, selera dan kebiasaan makan terbentuk pada awal kehidupan. Maka itu, penekanan pada nutrisi sehat dalam kehidupan awal dapat menyebabkan kebiasaan makan yang sehat sepanjang hidup sekaligus sebagai pencegahan obesitas dan penyakit lainnya.

sumber: mediaindonesia.com

RedNotebook: Software Pembuat Catatan Harian Kaya Fitur



RedNotebook adalah buku harian grafis dan jurnal membantu Anda mencatat dan melacak catatan dan pikiran. Ini termasuk navigasi kalender, disesuaikan template, fungsi ekspor dan awan kata. Anda juga dapat memformat, tag dan mencari entri Anda.

Fitur:

    * Masukan teks untuk hari individu dan menavigasi menggunakan kalender mewah
    * Tambahkan Kategori untuk hari dan mengisinya dengan konten
    * Tag entri Anda
    * Format teks Anda tebal, miring atau bergaris bawah
    * Masukkan Gambar, file dan link ke situs
    * Link dan alamat email secara otomatis diakui
    * Live Search (Pencarian)
    * Otomatis menyimpan
    * Cadangan untuk arsip zip
    * Firman Awan dengan kata-kata yang paling sering digunakan dan tag
    * Template untuk setiap hari kerja dan yang sewenang-wenang bernama
    * Ekspor jurnal untuk PDF, HTML, atau teks biasa Lateks
    * Grafis dialog preferensi
    * Anda dapat memiliki beberapa jurnal
    * RedNotebook adalah perangkat lunak open source, Anda bebas untuk menggunakan dan mendistribusikan bawah syarat-syarat GPL
    * Diterjemahkan ke dalam 16 bahasa
    * Data disimpan dalam file teks biasa, database tidak diperlukan
    * Langsung PDF ekspor
    * Markup menyoroti
    * Gunakan WebKit lebih luas
    * Menyimpan jurnal Anda di server jauh (SSH, FTP, WebDAV)
    * RedNotebook sepenuhnya diterjemahkan dalam 16 bahasa (membuatnya berbicara bahasa Anda)
    * Tray icon Opsional dan pemeriksaan ejaan
    * Auto-completion dan fungsionalitas baris perintah

Apa yang Baru di versi 1.2.0:

    * Biarkan 'Kembali' dan 'Teruskan' melompat tombol selama hari kosong
    * Biarkan wildcard (*,.,?) di awan hitam / putih daftar ('ALTR. "Menyembunyikan altro, Altra, dll)
    * Tambahkan 'Ekspor hari saat ini terlihat' pilihan di asisten ekspor
    * Secara default pilih rentang waktu dari hari ini untuk hari ini di wizard ekspor (LP: 834489)
    * Tampilkan peringatan ketika misalnya RedNotebook kedua adalah mulai untuk mencegah kehilangan data (LP: 771396)
    * Tambahkan pilihan untuk mengatur format tanggal untuk ekspor. Sebuah lapangan kosong menghilangkan tanggal dari ekspor.
    * Ingat posisi scrollbar dan kursor ketika mengubah antara hari dan mengedit dan modus pratinjau
    * Biarkan ganda backslash (\) dalam nama file (misalnya untuk path UNC)
    * Gunakan font yang Ubuntu dalam editor, preview dan awan jika tersedia
    * Ingat ekspor terakhir dan lokasi cadangan
    * Tampilkan entri terbaru di bagian atas daftar pencarian secara default
    * Cari di penjelasan serta
    * Jangan strip spasi dari format tanggal (LP: 838031)
    * Gunakan auto-completion untuk semua entri kategori
DOWNLOAD: VERSI PORTABLE atau INSTALLER

Mengapa Anak Perlu Belajar Menggambar ?

Mungkin, di antara kita para orangtua, masih ada yang menganggap bahwa belajar menggambar untuk anak-anak adalah sebuah kegiatan khusus bagi mereka yang berminat pada seni lukis, atau yang secara umum dikatakan bahwa ia ‘berbakat’. Dewasa ini banyak orangtua yang mengikutkan anak-anaknya pada kursus atau ekskul menggambar. Beberapa dari para orangtua mempunyai pandangan bahwa keterampilan menggambar dapat berguna di kemudian hari bagi karier putra-putri mereka. Misalnya, berkarier di dunia desain. Alasan seperti ini cukup tepat dan baik.

Ada pula orangtua yang ingin keterampilan anak mereka berkembang ke arah perkembangan mental, yaitu dengan mengikutsertakan anak pada perlombaan-perlombaan guna menguji keberanian dan semangat berkompetisi, syukur-syukur menang. Hal ini pun tidak buruk. Namun sebaiknya janganlah menjadi ambisi orangtua semata.

Kalau kita amati, ketika seorang anak belajar menggambar ternyata banyak latihan-latihan yang dapat mendukung perkembangan mereka, selain keterampilan ada pula manfaatnya bagi perkembangan emosi mereka. Sekarang marilah kita bahas lebih mendalam mengenai manfaat-manfaat dari belajar menggambar dan hubungannya dengan perkembangan seorang anak, baik dari segi keterampilan dan perkembangan emosi.

Empat aspek belajar menggambar

Ketika seorang anak belajar menggambar, akan terjadi sebuah aktivitas atau sebuah proses pembelajaran yang mencakup indera penglihatan, pikiran, mental dan fisik anak tersebut. Masing-masing proses itu berhubungan dengan perkembangan keterampilan dan mentalnya.

Untuk memperjelas, proses tersebut dibagi menjadi empat aspek, yaitu:

1. Aspek visual, yaitu kemampuan visual anak yang berkembang ketika mereka berlatih menggambar dengan seorang pembimbing. Aspek ini meliputi:

* Kemampuan merekam

Ketika seorang anak belajar menggambar, kemampuan pertama yang dilatih adalah kemampuan visualnya, yaitu kemampuan seorang anak untuk merekam sebuah obyek/bentuk yang dilihat. Seorang anak yang menggambar dari hasil ingatan penglihatan dia adalah ciri-ciri anak yang cerdas. Ia akan berkembang menjadi anak yang mampu memvisualkan sebuah ide, mengungkapkannya dalam bentuk gambar.

* Kemampuan membedakan bentuk, jarak dan proporsi

Dalam belajar menggambar seorang belajar membedakan sebuah bentuk dan melihat obyek-obyek dengan ukuran berbeda hal ini berkaitan dengan jauh-dekatnya obyek-obyek tersebut dalam pandangan. Selanjutnya, mereka akan dilatih melihat sebuah obyek secara proporsional bentuk dan ruang.

* Kepekaan terhadap warna

Dalam belajar menggambar seorang anak juga akan berkenalan dengan warna-warna beserta teknik-teknik pewarnaannya. Dengan latihan mengenal warna seorang anak akan belajar terbiasa dengan penampilan yang selalu berwarna, hal ini berpengaruh pada selera terhadap keindahan-keindahan. Serta mereka akan belajar tentang hamonisasi.

2. Aspek pengetahuan, yaitu pengetahuan tentang teknik-teknik menggambar.

Dalam belajar menggambar, seorang anak akan diperkenalkan pada teknik-teknik menggambar. Teknik-teknik dalam menggambar adalah pengetahuan yang diperlihatkan kepada anak. Pelatih mengajak dan melatih teknik ini sehingga anak tersebut menjadi terampil menerapkan pengetahuannya ketika bekerja.

3. Aspek mental
, yaitu kemampuan untuk mengelola berbagai perasaan dan keinginan yang ada dalam dirinya demi mencapai tujuan tertentu. Aspek Mental yang berkembang dalam latihan menggambar meliputi:

* Konsentrasi

Seorang anak yang belajar menggambar akan terasah konsentrasinya secara alami. Ketika ia sedang mewarnai misalnya, ia akan berusaha mewarnai sudut-sudut gambar dengan tekun. Ia pun akan termotivasi untuk menyelesaikan lukisannya dengan hasil yang baik. Konsentrasi adalah proses pemusatan perhatian pada satu obyek atau satu pekerjaan. Konsentrasi akan membantu seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan hasil yang maksimal. Hal ini sangatlah baik bagi kehidupan. Lihatlah bangunan-bangunan yang megah berdiri, tentulah dirancang dan dibangun melalui konsentrasi. Secara mental, seseorang yang mempunyai daya konsentrasi baik juga akan merasa lebih tenang. Ini adalah manfaat positif dari latihan konsentrasi.

* Kesabaran dan daya tahan

Kesabaran adalah kekuatan mental yang baik. Tentu yang dimaksud dengan sabar di sini bukanlah diam menunggu. Seseorang dapat dikatakan sebagai orang sabar, bila mempunyai ciri sikap yang tidak mudah menyerah, mau mencoba dan jika gagal ia akan mau mencoba lagi dan terus mencoba (gigih). Namun, janganlah dilupakan bahwa salah satu faktor kesabaran adalah konsentrasi. Kesabaran seorang anak dilatih melalui latihan konsentrasi. Juga ketika ia berusaha untuk menggambar dengan sebaik-baiknya, bukan asal jadi. Kesabaran juga dilatih ketika mereka menerima hasil yang tidak memuaskan, namun pelatih memberi dorongan untuk mencoba lagi. Kesabaran di sini lebih condong kepada sikap tabah.

Daya tahan adalah semacam kekuatan mental (ulet), tahan bekerja lama, tidak mudah mengeluh dan (termasuk) semangat atau antusiasme. Walau salah satu faktor daya tahan seorang anak adalah faktor fisik atau asupan gizi, tapi daya tahan dapat dilatih atau dibiasakan. Kita semua mungkin setuju jika anak-anak walaupun masih kecil harus mulai diasah daya tahannya. Bahkan anak-anak yang sedang bermain seperti berlari atau melompat, bermain bola atau bermain yang lain mereka juga tentu memerlukan daya tahan.

4. Aspek motorik, yaitu kecepatan, kelenturan dan kekuatan

Ketika berlatih menggambar, motorik seorang anak yang berkembang adalah gerak otot, khususnya otot-otot halus anak yang berada di sekitar pergelangan tangan serta jari-jari. Aspek fisik ini berpengaruh terhadap mental dan keterampilan anak dalam menggambar. Semakin anak terampil ia akan semakin percaya diri.

Aspek-aspek dalam menggambar ini ternyata merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Tentulah kita sebagai orangtua menginginkan anak-anak kita menjadi anak yang cemerlang sehingga kelak menjadi orang yang berhasil dan berguna. Seorang anak akan merasa senang jika ia dapat menciptakan buah karyanya sendiri, apalagi bila didukung oleh sikap orangtuanya. Kepercayaan dirinya akan turut tumbuh. Jika kita sebagai orangtua sudah memberi arahan yang benar pada putra-putri Anda, maka Anda tak perlu lagi khawatir bila kelak anak Anda ingin menjadi seorang “seniman”.

Tips merangsang imajinasi anak

Kunci untuk merangsang anak untuk mau belajar menggambar adalah komunikasi. Contoh, jika kita bepergian dengan anak ke suatu tempat, misalnya ke pasar, mall, restoran, supermarket, rekreasi ke tempat wisata, atau mungkin melintas di jalan tol, ajaklah anak untuk memperhatikan sesuatu.

Jika kita berada di supermarket, ajaklah anak untuk memperhatikan bentuk-bentuk rak, display barang-barang atau trolley. Atau, ajaklah mereka untuk memperhatikan orang yang antri di kasir. Jika kita berada di pasar, ajaklah mereka untuk memperhatikan kesibukan-kesibukan orang-orang yang berjual-beli.

Dalam hal visual, misalnya kita sedang berada di dalam kendaraan yang melaju di jalan tol, ajaklah anak untuk melihat jalan yang menyempit karena menjauh. Lihat pula benda-benda yang semakin menjauh akan semakin kecil, pohon-pohon dan mobil akan semakin mengecil karena semakin jauh dari kita. Hal ini melatih visual anak secara perspektif.

Di lain tempat seperti wisata ke pantai, ajaklah mereka memperhatikan bentuk pohon kelapa, perahu dan sebagainya. Atau kalau kita di pegunungan ajaklah untuk memperhatikan bentuk pohon cemara, gunung atau bukit dan sebagainya.

Memang kita bisa melakukan itu sambil menonton bersama mereka di depan televisi, hal itu pun boleh dilakukan. Namun, sesuatu yang akan lebih kuat berkesan dalam ingatan adalah melalui pengalaman langsung yang nyata. Saya percaya kita dapat melakukannya dengan mudah.

sumber: bukanmedia.wordpress.com

Portable Marble: Software


Jelajahi dunia dengan cara virtual

Portable Marble adalah versi portabel dari software Marble yang dirancang untuk dapat dijalankan dari USB flash drive atau perangkat portabel lainnya.

Portable Marble adalah sebuah atlas geografis yang sangat berguna dan sebuah dunia virtual desktop yang dirancang untuk memungkinkan Anda menjelajahi tempat-tempat lain di planet bumi ini dengan sangat mudah. Pengguna dapat menggunakan software ini untuk mencari tempat atau lokasi di bumi, membuat peta, mengukur jarak dan untuk mengambil informasi detail tentang suatu lokasi. Dengan antarmuka pengguna (user interface) yang bersih, sederhana dan mudah digunakan.

Marble menyajikan peta tematik yang berbeda: sebuah peta topografi yang cocok untuk ditampilkan di ruang kelas sekolah, tampilan satelit, peta jalan, bumi pada malam hari dan peta suhu dan curah hujan. Untuk tujuan pendidikan Anda juga dapat mengubah tanggal dan waktu dan melihat bagaimana cakrawala langit dengan rasi bintangnya di waktu malam dan zona senja pada perubahan peta.

Berikut ini sebagian dari fitur kunci dari Portable Marmer:

  • Anda dapat menggeser dan zoom sekitar tempat-tempat dan jalan.
  • Sebuah klik mouse pada label di suatu tempat akan memberikan artikel Wikipedia yang bersangkutan dengan tempat tersebut.
  • Anda dapat mengukur jarak antara lokasi.
  • Peta tematik yang bervariasi: mulai dari peta topografi seperti di sekolah, tampilan satelit, peta jalan, bumi pada malam hari dan peta suhu dan curah hujan. 
  • Mendukung beberapa proyeksi: Peta Datar (Plate Carré), Mercator atau Globe.

DOWNLOAD DI SINI

Minum Sambil Berdiri

Dalil yang Melarang

Dari Anas, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : Bahwasannya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. Qatadah berkata : “Kami bertanya : ‘Bagaimana dengan makan (sambil berdiri) ?”. Beliau menjawab : “Hal itu lebih buruk dan menjijikkan” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2024, At-Tirmidzi no. 1879, Ibnu Maajah no. 3424, Abu Ya’la no. 3195, Abu ‘Awaanah no. 8186, dan Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/272].

Dari Abu Sa’iid Al-Khudriy : “Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mencela minum sambil berdiri” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2025, Ahmad 3/32 & 54, Abu Ya’la no. 988 & 1321, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/272 & Syarh Musykilil-Aatsaar no. 2098, Al-Baihaqiy 7/282, dan Al-Baghawiy dalam Syarhus-Sunnah no. 3045].

Dari Al-Jaarud bin Ma’laa : “Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melarang minum sambil berdiri” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 1881, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/272 & Syarh Musykilil-Aatsaar 5/342-343, Ibnu Qaani’ dalam Mu’jamush-Shahaabah 1/154, Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir 2/299-300, Ibnu Syaahiin dalam An-Naasikh wal-Mansukh hal. 429 no. 567, dan Abu Nu’aim dalam Ma’rifatush-Shahaabah no. 1646; dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi 2/331-332].

Dari Abu Hurairah ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Barangsiapa yang lupa, hendaklah ia muntahkan” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2026 dan Al-Baihaqiy 7/282].

Dalil yang Membolehkan

Dari An-Nazzaal ia berkata : ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu membawa air ke pintu masjid kemudian meminumnya sambil berdiri. Kemudian ia bekata : “Sebagian orang tidak suka minum sambil berdiri, padahal aku melihat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukannya sebagaimana engkau melihatku melakukannya barusan” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 5615-5616, Ath-Thayalisi no. 141, Abu ‘Ubaid dalam Ath-Thahuur hal. 131 no. 39, Ahmad 1/78 & 101 & 102, ‘Abdullah bin Ahmad bin Hanbal dalam Zawaaidul-Musnad 1/109 no. 1366 & 1372, Abu Dawud no. 3718, At-Tirmidziy dalam Asy-Syamaail no. 200, An-Nasa’iy no. 130, Ibnu Khuzaimah no. 16 & 202, dan Ibnu Hibbaan no. 1057].

Dari Ibnu ‘Abbas ia bekata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah minum air zamzam sambil berdiri” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 1637 & 5617, Muslim no. 2027, Al-Humaidiy no. 481, Ibnu Abi Syaibah no. 24460, Ahmad 1/214 & 220 & 243, At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’ no. 1882 dan Asy-Syamaail no. 197 & 199, Ibnu Maajah no. 3422, An-Nasa’iy no. 2964-2965, Ibnu Khuzaimah no. 2945, serta Ibnu Hibban no. 3838 & 5319].

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata : “Aku pernah melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berpuasa dan berbuka ketika safar, minum sambil berdiri dan duduk, shalat dengan telanjang kaki dan memakai sandal, serta berpaling dari arah kanan dan kirinya (setelah selesai shalat)” [Diriwayatkan oleh Ahmad 2/206, Ibnu Sa’d dalam Ath-Thabaqaat 1/480, At-Tirmidziy dalam Al-Jaami’ no. 1883 dan Asy-Syamaail no. 198, Al-Firyaaniy dalam Ash-Shiyaam no. 119, Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil 5/181, serta Ibnu Syaahiin dalam An-Naasikh wal-Mansukh no. 570; dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy 2/332-333 dan Ahmad Syaakir dalam Syarh ‘alal-Musnad 6/399].

Dari Ibnu ‘Umar ia berkata : “Kami pernah makan sambil berjalan dan minum sambil berdiri di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no. 1880, Ibnu Maajah no. 3301, Ibnu Hibbaan no. 5322 & 5325, Al-Khathiib dalam At-Taariikh 8/195, Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/273, dan Ibnu Syaahiin dalam An-Naaiikh wal-Mansukh no. 573; dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy 2/331 dan Al-Arna’uth dalam Takhrij ‘ala Shahih Ibni Hibban 12/141].

Dari Kabsyah ia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam masuk ke rumahku, kemudian beliau minum dari mulut bejana (dari kulit) yang tergantung sambil berdiri. Lantas aku berdiri ke bejana tersebut dan memotong talinya” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dalam Al-Jaami’ no. 1892 dan Asy-Syamaail no. 203, Al-Humaidiy no. 354, Ahmad 6/434, Ibnu Abi ‘Aashim dalam Al-Aahaadu wal-Matsaaniy no. 3365, Ibnu Hibbaan no. 5318, Ath-Thabaraniy dalam Al-Kabiir 10/25 dan Musnad Asy-Syaamiyyiin no. 639, serta Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iman no. 5624 dan Ma’rifatus-Sunan wal-Aatsaar 10/266; dishahihkan oleh Al-Albaniy dalam Shahih Sunan At-Tirmidziy 2/335 dan Al-Arna’uth dalam Takhrij ‘alaa Shahih Ibni Hibban 12/138-139].

Dari ‘Aisyah : Bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk ke rumah seorang wanita Anshar yang di dalamnya ada bejana (kulit) yang tergantung. Beliau membelokkan mulut bejana itu dan meminumnya dalam keadaan berdiri” [Diriwayatkan oleh Ahmad 6/161; dihasankan oleh Al-Arna’uth dalam Takhriij ‘alal-Musnad 42/165-166].

Dari ‘Abdullah bin Az-Zubair : “Bahwasannya ia pernah minum sambil berdiri” [Diriwayatkan oleh Maalik no. 1845; shahih].

Telah berkata ‘Abdurrahman bin Abi Haatim : Abu Zur’ah pernah ditanya mengenai sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Nu’aim , Al-Qa’nabiy dan ‘Abdul-‘Aziiz Al-Uwaisiy. Abu Nu’aim dan Al-Qa’nabiy meriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Umar Al-‘Umariy, dari ayahnya, dari ‘Abdurrahman bin Raafi’, dari (….), bahwasannya ia melihat ‘Umar bin Al-Khaththaab minum sambil berdiri. Adapun ‘Abdul-‘Aziiz Al-Uwaisiy meriwayatkan dari ‘Abdullah Al-‘Umariy, dari ayahnya, dari ‘Abdurrahman bin Raafi’ bahwasannya melihat ‘Umar minum sambil berdiri. Apakah ayah ‘Abdurrahman bin Raafi’ gugur (dalam sanad ini) ?. Maka Abu Zur’ah menjawab : “Ini keliru. Sanad tersebut hanyalah berasal dari ‘Abdurrahman bin Raafi’, dari ayahnya, dari ‘Umar [‘Ilal no. 1589].[1]

Selain dari perbuatan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, minum sambil berdiri juga dilakukan oleh beberapa shahabat diantaranya ‘Umar bin Al-Khaththaab, ‘Ali bin Abi Thaalib, ‘Abdullah bin Zubair radliyallaahu ‘anhum.

Pembahasan

Dalam menyikapi beberapa hadits di atas yang (kelihatan) saling bertentangan, para ulama terkelompok dalam 3 metode :

1. Tarjih.

Dalam hal ini, para ulama terbagi menjadi dua perkataan.

a. Mengunggulkankan hadits pelarangan daripada pembolehan sebagai langkah hati-hati sebagaimana pengamalan terhadap sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam :

“Tinggalkan apa-apa yang meragukanmu kepada apa-apa yang tidak meragukanmu” [Diriwayatkan oleh An-Nasa’iy 8/327, At-Tirmidzi no. 2518, Ahmad 1/200, Ibnu Hibbaan no. 722, dan Al-Haakim 2/13; shahih].

Selain itu, hadits-hadits pelarangan datang melalui ucapan beliau, sedangkan hadits-hadts pembolehan datang melalui perbuatan beliau. Dalam hal ini, perkataan lebih didahulukan daripada perbuatan, karena ada kemungkinan bahwa perbuatan beliau minum sambil berdiri merupakan kekhususan bagi beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam saja, bukan untuk yang lainnya.

b. Mengunggulkan hadits pembolehan daripada pelarangan karena dianggap lebih kuat, lebih shahih, dan lebih banyak jumlahnya. Abu Bakr Al-Atsram[2] dalam salah satu perkataannya mengungkapkan pendapat ini. Ini juga salah satu pendapat Ahmad bin Hanbal dan yang masyhur dalam madzhabnya[3], serta jumhur Malikiyyah[4].

Pembolehan minum sambil berdiri secara mutlak merupakan pendapat jumhur tabi’in seperti : Sa’iid bin Jubair[5], Thaawus[6], Zaadzaan Abu ‘Umar Al-Kindiy[7], dan Ibrahim bin Yaziid An-Nakha’iy[8].

2. Nasakh.

Dalam hal ini, para ulama terbagi menjadi dua perkataan :

a. Hadits-hadits larangan telah mansukh oleh hadits-hadits pembolehan, dengan bukti yang dilakukan oleh Khulafaaur-Raasyidiin, sebagian besar shahabat, dan tabi’in yang membolehkannya. Pendapat ini dinyatakan oleh Al-Atsram[9] dan Ibnu Syaahin[10]. Al-Qurthubi[11] juga menguatkan pendapat ini dan menisbatkannya kepada jumhur shahabat dan ulama setelahnya.

b. Hadits-hadits pembolehan telah mansukh oleh hadits-hadits pelarangan, dengan dasar bahwa pembolehan adalah hukum asal, sedangkan pelarangan adalah hukum yang datang kemudian sebagai satu ketetapan syar’iy. Pendapat ini dipegang oleh Ibnu Hazm[12].

3. Al-Jam’u wat-Taufiiq (Kompromi).

Pada metode ini, ada banyak perkataan dan penafsiran dari para ulama. Akan disebutkan beberapa diantaranya yang utama :

Ada yang mengatakan bahwa bolehnya minum sambil berdiri hanya jika ada hajat/keperluan; selain dari itu, maka dibenci. Ini merupakan pendapat Ibnu Taimiyyah[13] dan Ibnul-Qayyim[14] rahimahumallah. Ibnu ‘Utsaimin termasuk yang bersepakat dengan mereka berdua.[15] Ibnu Taimiyyah berkata :

“Adapun minum sambil berdiri, telah ada hadits-hadits shahih yang melarangnya dan hadits-hadits shahih yang memberikan rukhshah (kebolehan). Oleh karena itu, para ulama berbeda pendapat di dalamnya. Disebutkan padanya ada dua riwayat yang ternukil dari Ahmad mengenai permasalahan ini. Namun metode pengkompromian diantara hadits-hadits ini adalah : Membawa hadits-hadits yang membolehkan jika ada udzur…” [selesai].

Ada yang memahami bahwa pelarangan minum sambil berdiri bukanlah pelarangan yang bermakna tahriim (pengharaman). Pelarangan tersebut bukan pelarangan yang bersifat syar’iy, namun dengan pelarangan atas pertimbangan kedokteran (thibbiy) yang akan menimbulkan bahaya/mudlarat. Disebutkan oleh Ibnul-‘Arabiy dalam ‘Aaridlatul-Ahwadziy 8/73. Ath-Thahawiy juga menyebutkan hal semakna dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 4/274 & 276 dan Syarh Musykilil-Aatsaar 5/347.

Ada yang mengatakan bahwa pembolehan minum sambil berdiri ini khusus ketika minum air zamzam dan kelebihan/sisa air wudlu. Ini merupakan pendapat ‘Ali Al-Qaariy[16] dan sebagian ulama Hanafiyyah lainnya[17].

Ada yang mengatakan bahwa kebolehan minum sambil berdiri ini adalah jika lupa saja sebagaimana dikatakan oleh Abul-Faraj Ats-Tsaqafiy[18].

Ada pula yang berpendapat bahwa perkataan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengenai pelarangan itu hanyalah makruh tanziih saja, sedangkan perbuatan beliau (yang minum sambil berdiri) menjelaskan tentang kebolehannya. Hadits-hadits pelarangan dibawa kepada makna disukainya minum sambil duduk, serta dorongan kepada amal-amal yang lebih utama lagi sempurna. Pendapat ini adalah pendapat jumhur ulama, diantaranya adalah : Al-‘Ainiy[19] dari kalangan Hanafiyyah, Al-Maaziriy[20] dari kalangan Maalikiyyah, dan Ibnu Jariir Ath-Thabariy[21]. Jumhur ulama Syafi’iyyah[22] juga menyepakati pendapat ini, diantaranya adalah : Al-Khaththaabiy[23], Al-Baghawiy[24], An-Nawawiy[25], dan Ibnu Hajar Al-‘Asqalaniy[26].

Mana yang terpilih dan terkuat dari pendapat-pendapat tersebut ?

Tidak ragu lagi bahwasannya pendapat yang terpilih dan paling kuat adalah pendapat jumhur ulama yang menempuh metode al-jam’u wat-tafiiq (kompromi) dengan menggunakan semua dalil (tanpa meninggalkan salah satu di antaranya), dimana mereka mengatakan : Pelarangan minum sambil berdiri hanya bermakna makruh tanziih saja. An-Nawawi telah memberikan penjelasan yang sangat baik :

“Tidak ada kontradiksi dalam hadits-hadits ini, segala puji bagi Allah ta’ala. Tidak ada pula kelemahan padanya, bahkan semua hadits-hadits tersebut adalah shahih. Dan yang benar di dalamnya adalah : Larangan dalam hadits tersebut dibawa kepada hukum makruh tanziih. Adapun minumnya beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan berdiri merupakan penjelasan bolehnya perbuatan tersebut dilakukan. Tidak ada kesulitan dalam memahaminya dan tidak pula ada pertentangan. Inilah yang perlu dikatakan dalam persoalan ini.

Apabila dikatakan : “Bagaimana minum sambil berdiri bisa dikatakan makruh dengan kenyataan bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukannya ?”.

Jawabannya adalah : Perbuatan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang kebolehannya, bukan kemakruhannya. Bahkan menjelaskan tentang segala hal tersebut adalah wajib bagi beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lantas bagaimana bisa dikatakan makruh ? Telah shahih dari beliau bahwa beliau pernah wudlu sekali-sekali (dalam basuhan anggota badan) dan thawaf di atas onta yang bersamaan itu para ulama telah bersepakat bahwa wudlu tiga kali-tiga kali (dalam basuhan) dan thawaf dengan berjalan kaki lebih sempurna (lebih baik). Ada banyak contoh serupa dalam hal ini. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah menunjukkan kebolehan membasuh sekali atau berkali-kali, namun di sisi lain beliau tetap mengerjakan yang utama. Dan memang seperti itulah kebiasaan (= yang sering dilakukan) Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika wudlu dengan membasuh sebanyak tiga kali-tiga kali, berjalan kaki ketika thawaf, dan duduk ketika minum. Perkara ini sangat jelas tanpa ada permasalahan meskipun bagi orang yang rendah nisbatnya kepada ilmu. Wallaahu a’lam [Syarh Shahih Muslim, 13/195].

Tidak bisa dikatakan bahwa pembolehan minum sambil berdiri itu hanya dikhususkan bagi Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Ini terjawab oleh perkataan Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma :

“Kami pernah makan sambil berjalan dan minum sambil berdiri di jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [telah berlalu takhrij-nya].

Walaupun teks redaksinya adalah mauquf, namun ia dihukumi marfu’ (sampai kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam). Para shahabat melakukannya ketika beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam masih hidup. Dan itu senantiasa mereka lakukan setelah beliau wafat.

Hadits ini juga menjawab sebagian besar pendapat-pendapat yang keliru di atas.

Adapun anggapan bahwa kebolehan minum sambil berdiri ini jika hanya ada hajat, maka itu terjawab oleh hadits ‘Aliy bin Abi Thaalib dimana ia mengingkari ketidaksukaan sebagian orang minum sambil berdiri. Banyak nukilan shahabat dan tabi’in dimana mereka minum sambil berdiri tanpa ada hajat. Oleh karena itu, kebolehan ini adalah bersifat umum (dalam segala keadaan).

Metode tarjih dan klaim adanya nasakh juga harus ditinggalkan selama metode kompromi bisa dilakukan.

Al-Lajnah Ad-Daaimah memberikan fatwa sebagai berikut :

“Pada asalnya, seseorang hendaknya duduk jika ia minum. Perbuatan ini afdlal (lebih utama). Namun, boleh juga jika ia minum sambil berdiri. Sungguh, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan dua perkara tersebut untuk menunjukkan bahwa kesemua perkara itu luas (boleh dilakukan kedua-duanya)” [Fataawa Al-Lajnah Ad-Daaimah, 22/133].

Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah berkata :

“Hadits-hadits tersebut adalah shahih dimana telah ada riwayat dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tentang larangan minum dan makan sambil berdiri. Selain itu, terdapat pula riwayat dari beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau minum sambil berdiri. Oleh karena itu, perkara dalam hal ini adalah luas yang kesemuanya adalah benar, Alhamdulillah. Pelarangan atas hal tersebut bermakna makruh (bukan haram). Apabila seseorang ingin makan atau minum sambil berdiri, maka tidak ada celaan. Sungguh telah shahih dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau minum sambil duduk ataupun berdiri. Oleh karena itu, apabila ada seseorang yang ingin melakukan hal itu, maka tidak ada celaan untuk makan atau minum sambil berdiri. Namun jika ia duduk, maka lebih utama (afdlal) dan lebih baik (ahsan)……” [Majmu’ Fataawaa wa Maqaalaat Ibni Baaz, 25/276].

Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.

sumber: abul-jauzaa.blogspot.com

Minyak Bumi Adalah Energi Terbarukan dan Bukan Berasal dari Fosil

Teori Peak Oil adalah kebohongan masif yang dirancang untuk menciptakan kelangkaan buatan demi mendongkrak harga, juga memberikan negara sebuah alasan untuk mengorbankan standar hidup yang telah kita perjuangkan dengan susah payah. Publisitas menciptakan CFR dan Club of Rome strategy manual sejak 30 tahun lalu mengatakan bahwa pemerintah global perlu mengontrol populasi dunia melalui neo-feodalisme dengan menciptakan kelangkaan buatan.

Sekarang arsitek sosial de-industrialisasi Amerika Serikat menyalahkan disintegrasi ekonomi kita pada kurangnya pasokan energi.

Sekarang ekonomi dunia telah menjadi begitu terpusat melalui operasi globalisasi, mereka akan terus mengkonsolidasikan dan menyalahkan pemakaian berlebihan atas bahan bakar yang bersumber dari fosil, sementara pada saat yang sama mereka juga menghalangi pengembangan dan integrasi teknologi bersih yang terbarukan.

Dengan kata lain, Sumber minyak bumi yang dinyatakan dari fosil mahluk hidup adalah kebohongan besar untuk menciptakan kelangkaan buatan dan mengendalikan harga . Sementara itu, teknologi bahan bakar alternatif yang telah ada selama beberapa dekade juga sengaja ditekan pengembangannya. Peak Oil adalah sebuah teori yang dikemukakan oleh elit, oleh industri minyak, oleh orang-orang bahwa Anda akan berpikir puncak minyak akan membahayakan, kecuali itu adalah penutup untuk agenda lain.

Produksi Minyak Dunia Menurut Sekenario Peak Oil Theory:



Contoh Konspirasi Kebohongan tentang Kelangkaan Sumber Minyak

Inti dari masalah ini adalah bahwa jika minyak banyak di daerah-daerah di mana kita diberitahu oleh pemerintah dan perusahaan minyak yang tidak memiliki bukti yang jelas bahwa kelangkaan buatan disimulasikan dalam rangka untuk mendorong maju segudang agenda lainnya. Dan kami memiliki contoh nyata dimana hal ini telah terjadi.

Seperti pada perusahaan pengeboran minyak raksasa Chevron dan Texaco, mereka mendapat memo untuk sengaja menciptakan kelangkaan minyak dengan membatasi kapsitas produksi dengan menutup kilang minyak tertentu dengan alasan minyak telah habis di sumber tersebut. Ini adalah upaya lobi nasional yang dipimpin oleh American Petroleum Institute untuk mendorong perusahaan-perusahaan kilang minyak untuk melakukan hal ini.

” Sebuah memo internal yang Chevron menyatakan; “Seorang analis energi senior di konvensi API baru-baru ini memperingatkan bahwa meskipun industri minyak AS tidak mengurangi kapasitas penyulingan hal ini tidak akan menimbulkan peningkatan substansial dalam margin kilang.”

Memo ini semakin memperjelas bahwa gagasan untuk pengurangan dalam kapasitas penyulingan dan pembatasan dalam membuka kilang baru tidak datang dari organisasi lingkungan, seperti yang dikatan oleh para produsen minyak , tetapi melalui kebijakan yang disengaja dari mereka sendiri

Misteri Pulau Eugene 330 dan cadangan Minyak Yang Terisi Kembali

Pulau Eugene adalah ladang minyak di teluk Meksiko, 80 mil lepas pantai Louisiana. ditemukan pada tahun 1973 dan mulai memproduksi 15.000 barel minyak per hari yang kemudian melambat menjadi sekitar 4.000 barel pada tahun 1989. Tapi kemudian tanpa alasan logis apapun, produksi melonjak kembali ke 13.000 barel per hari.

Para peneliti menemukan ketika mereka menganalisis ladang minyak dengan selang waktu pencitraan 3-D seismik bahwa minyak memancar dalam dari sumber yang lebih dalam yang sebelumnya tidak diketahui dan bermigrasi naik melalui celah bebatuan untuk mengisi pasokan yang ada.Selanjutnya, analisis minyak yang sekarang sedang diproduksi di Pulau Eugene menunjukkan perbedaan usia geologis dari minyak yang diproduksi di sana sebelum tahun 1989

Perkiraan terakhir dari cadangan minyak kemungkinan naik dari 60 juta barel menjadi 400 juta barel. Baik ilmuwan dan ahli geologi dari perusahaan-perusahaan minyak besar telah melihat bukti dan mengakui bahwa ladang minyak Pulau Eugene mengalami pengisian ulang sendiri.

Keberadaan ladang minyak yang bisa memperbaharui pasokan sendiri menghancurkan mitos teori asal usul minyak.dan Jika minyak memang benar-benar berasal darizat anorganik alami maka bagaimana bisa dikatakan minyak adalah energi tak terbarukan ?

Masa depan minyak

Hari ini kita dianjurkan habis-habisan oleh pemerintah untuk menghemat energi BBM, demi menyisakan energi dari minyak untuk anak cucu kita.Jika memang minyak benar-benar akan habis dalam beberapa puluh tahun lagi, mengapa sekarang cadangan minyak terus meningkat dan produksinya kian meroket ?

Tahu 1980-an OPEC memutuskan kuota produksi minyak didasarkan pada jumlah cadangan yang ada di negara masing-masing, semakin besar cadangannya maka semakin besar pula produksinya .BElakangan ini Arab Saudi melaporkan peningkatan cadangan minyak mentahnya sekitar 200 miliar barel. stok Minyak Saudi aman dan berlimpah , kata para pejabatnya.

Ada juga laporan bahwa Rusia telah mengalami peningkatan yang jauh lebih besar pada cadangan minyaknya bahkan melampaui Arab Saudi. Mengapa Rusia mengumumkan hal ini jika Rusia percaya bahwa cadangan minyak adalah terbatas?tampak jelas bahwa Rusia telah siap dengan produksi minyak tak terbatas di masa depan. Yang jelas ada kontradiksi besar antara teori keterbatasan minyak dengan fakta peningkatan cadangan minyak

Tampaknya bahwa setiap kali ada semacam krisis energi, OPEC selalu meningkatkan produksi . Alasannya mereka melakukannya untuk menurunkan harga, namun harga selalu naik karena mereka juga menyebarluaskan mitos bahwa mereka menguras beberapa cadangan terakhir untuk pasar.

Bukti ilmiah juga sangat bertentangan dengan keterbatasan suplai minyak, baru-baru ini diperbarui dalam paper Ilmiah yang dimuat Dalam ‘Energia’ menunjukkan bahwa minyak adalah zat abiotik,dan bukanlah produk yang berasal dari materi biologis yang mengalami pembusukan berjuta-juta tahun lalu. Minyak, bukan sumber daya non-terbarukan. seperti batubara, dan gas alam, yang bisa terisi kembali dari sumber dalam perut bumi.

Rusia berhasil membuktikan kalau minyak bumi ternyata bukan dari fosil dan dapat diperbaharui karena berasal dari lapisan magma lebih di kedalaman lebih dari 30,000 kaki dan tidak ditemukan lapisan organik.

Tidak kebetulan kemudian bahwa Rusia, yang memelopori penelitian ini kemudian melakukan serangkaian proyek penggalian minyak bumi dengan kedalaman yang lebih jauh lagi 30.000 meter.

Kredit untuk Artikel ini :

http://www.prisonplanet.com/archives/peak_oil/index.htm
http://www.powerpolitics.org/archives/000004.html
http://www.vialls.com/wecontrolamerica/peakoil.html
http://www.rollingstone.com/politics/story/_/id/7203633?pageid=rs.Home&pageregion=single7&rnd=1111922613104&has-player=true&version=6.0.12.857
http://www.conspiracyplanet.com/channel.cfm?channelid=63&contentid=2170&page=2
http://www.prisonplanet.com/audio/110405peakoil.mp3

sumber: lintasberita.com

Ebook: US Army Survival Manual


This is the newer version of the Army survival book, that concentrates on the straightforward survival material a civilian going camping may need to know. It is writen in vary accessible easy to understand language, and you do not need to be an expert. The material includes information on Navigation and compass use. Health & Hygiene in the outdoors to prevent sickness, including first aid. Hazards in the wild to watch out for.


Foods and where to find them including harvesting and identifying native plants and vegetables. How to fish and tons of unusual different ways to catch them with local materials that actually work; other food from fresh water sources. Trapping mammals, rodents, reptiles, insects, catching birds, and more including how to dress and prepare these. Cooking, preserving food in the wild. Vital information on the many methods of fire making including without matches or lighter.

One of the most important chapters tells you how to find the most important element you need to survive. Water from Plants, digging for water, purifying found water, and building a solar water still. Other chapters include Climate and Weather, Travel, finding or building Shelter, Clothing, Health, Survival at Sea, Poisonous Snakes, signaling for help, what to do if you are lost, and much more ...

An extremely useful book for the camper to keep in their supplies. One very nice treat... the version sold here differs from the real surplus military version in that it offers color photos of the plants (original military version was black and white), and it is very comprehensive. While there are books available on edible and poisonous plants that are more specialized, the material here is very adequate for inclusion in this manual. All in all, one of the best books on the survival subject, well rounded and very detailed. I have a library of books on camping and camping emergencies. While one reviewer thought this book had too much info and wanted a simpler book, I would say that if you had it with you in an emergency you would be glad of its many topics. You may even want to keep a copy in the trunk of your car with your roadside tools, since you never know when you might need some help making a fire or finding water.

Teaches you how to...
- Overcome the desire for comfort
- Recognize the onset of a dangerous passive outlook
- Tolerate pain
- Use the word "survival" as a pnemonic device
- Plan ahead for survival
- Administer the Heimlich Hug
- Treat insect and snake bites
- Make wooden and stone knives
- Make a rabbit stick
- Start a fire with a bow and drill
- Procure water in nearly any environment
- Construct a solar water still
- Make polluted water potable
- Conduct the Universal Plant Edibility Test
- Improvise containers for boiling food
- Catch and eat insects
- Make fishhooks and fishing line
- Build a stakeout for fishing secretly
- Make spear points
- Capture amphibians and reptile
- Catch birds in a net
- Make an Ojibwa bird snare
- Make a squirrel pole
- Make a trip-string deadfall trap
- Clean a snake
- Skin and butcher small and large game
- Build a parachute tepee
- Construct a swamp bed
- Build a shelter in the desert sand
- Make a Dakota fire hole
- Cross a swift stream
- Make an Australian poncho raft
- Find direction using the sun and stars
- Signal to aircraft with your body

Download the electronic book here:
http://rapidshare.com/files/31895795/survival_manual.rar

Buah Tin dan Sejuta Manfaatnya

Buah Tin. Namanya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Di dalam Al-Qur’an pun terdapat surat tentang buah ini. Tetapi kita jarang atau bahkan belum melihat buahnya. Di Indonesia memang masih segelintir orang yang mencoba mengembangbiakannya.

Jika anda pergi ke Jakarta Timur, ada salah satu tempat pembibitan buah tin. Bertempat di jalan Cipinang Jaya no. 17, tempat pembibitan ini mengembangbiakan bermacam-macam pohon tin. Tempat ini juga menyelenggarakan kursus dan penyuluhan penanaman pohon tin.

Suwandi, salah satu pegawai pembibitan, mengatakan, pohon tin sebelumnya tidak ada di Indonesia. Ia harus mengimpor dari negara asalnya. “Buah tin merupakan buah yang produktif karena terus menerus berbuah tanpa mengenal musim,” jelasnya. Buah tin memiliki keunikan. Ia berbuah tetapi tidak berbunga.

Buah ini memiliki banyak varietas. Paling tidak terdapaat dua belas macam buah tin. Diantaranya adalah yordan, tin ungu, red palestine, red turki, brown turki, negronne, black ischia, libya, black turki, long yellow, panace tiger, dan flanders. Namun di tempat pembibitan ini hanya terdapat enam varietas, yordan, tin ungu, red palestine, brown turki, libya, dan black turki.

Makin Hitam, Makin Manis

Pohon tin yordan adalah jenis yang paling terkenal di Indonesia. “Jenis ini paling sering berbuah,” ujar Suwandi. Di tanam di dalam pot pun sering berbuah. Jika sudah matang, buahnya akan menguning. Rasa buah tin yordan ini paling manis dibandingkan buah tin lainnya.

Tin jenis brown turki pun tergolong rajin berbuah walaupun di dalam pot. Rasanya manis tetapi tidak semanis yordan. Seperti namanya, buah ini berwarnna coklat.

“Semakin hitam, buahnya semakin manis,” imbuhnya.

Tin ungu memiliki karakeristik daun yang berbeda. Jika tin lain memiliki daun yang beruas lima, tin ungu memiliki daun beruas tiga dan tebal seperti daun jati. “Umumya yang masih kecil belum beruas,” jelasnya. Kelemahan dari jenis ini, hanya berbuah jika ditanam di tanah.

Tin libya memiliki daun yang lebih tebal. buahnya lebih kecil dibandingkan buah tin lain, kira-kira hanya setengah dari besar buah tin lainnya. tin yang berwarna merah dinamakan red palestine. Daunnya mirip seperti libya. Jika masih kecil, buahnya berwarna hijau dengan ujung merah. Yang masih langka dan sedang dicoba pengembangbiakannya adalah black turki. Buahnya lebih besar dan berwarna hitam. Daunnya pun besar.

Manfaat Buah Tin

Banyak manfaat yang dimiliki oleh buah tin. Buah tin mengandung kalium, omega tiga dan omega enam yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner. Kandungan coumarin dalam buah tin dapat mengurangi resiko kanker prostat. Buah tin juga mengandung kalsium untuk mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi membuat buah tin dapat dimakan sebagai alternatif asupan kalsium bagi orang yang alergi terhadap produk susu.

Kandungan trytophan-nya dapat menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik. Pektin yang terdapat di dalam buah tin pun dapat membantu mengurangi kolesterol darah. Buah tin sangat efektif untuk proses penurunan berat badan karena kaya serat.

Jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker usus besar. Rajin mengkonsumsi buah tin dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan daya memori otak, dan mencegah anemia. Efek pencahar yang terkandung dalam buah tin dapat membantu mengobati sembelit kronis. Buah tin kaya akan fenol dan benzaldehid yang berguna sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, jamur, virus dalam tubuh manusia.

Selain buahnya, daunnya juga memiliki manfaat. Beberapa manfaatnya yaitu untuk obat kencing batu, diabetes, dan asam urat. “Rebus lima ruas daun tin, lalu diminum airnya,” ujar Suwandi. Air rebusan tersebut dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal.

Cara Budidayakannya

“Cara pencangkokan pohon tin sangat mudah,” ujarnya. Metode yang ia gunakan adalah metode cangkok praktis. Media yang diperlukan hanyalah kompos dan tanah gembur. Kompos bisa diganti dengan sabut kelapa untuk hasil yang lebih baik. Perbandingannya adalah satu banding satu.

Kupas batang pohon. Media yang telah dibungkus plastik dilubangi sedikit lalu ditempelkan pada batang tadi. Ikat. Akar akan tumbuh dalam platik tersebut dalam jangka waktu tiga minggu. Setelah tumbuh akar, potong. Tanam dalam polibag lalu simpan di tempat teduh selama satu minggu. “Setelah satu minggu bisa disimpan di bawah terik matahari,” jelasnya.

Pohon tin lebih bagus jika ditanam di tempat panas. “Cara memindahkan pohon tin dari polibag juga cukup mudah,” jelsnya. Gali lubang berukuran sedang dalam tanah. Biarkan dua sampai tiga hari. Setelah tiga hari, campur tanah dengan kompos atau pupuk kandang. Kemudian pindahkan tanaman dari polibag.

Perawatan selanjutnya adalah menyiram pohon ini setiap pagi. “Idealnya, tanaman ini disemprot atau disiram dengan campuran M-4, air dan gula pasir,” jelasnya. Perbandingannya adalah setengah botol m-4, dua puluh liter air, dan setengah kilo gula pasir. Setelah dicampur, diamkan selama tiga hari. Semprot pada daun atau siram pada batang. Penanaman pohon tin sebaiknya pada pagi, sore, atau ketika cuaca mendung. “Jangan ketika panas,” tutupnya.

sumber: republika.co.id