Celestia : Program Planetarium Virtual atau Simulasi Luar Angkasa


Apakah Anda pernah berharap bahwa Anda bisa terbang melalui ruang angkasa? Melihat lebih dekat pada benda-benda langit yang anggun di alam semesta kita? Celestia adalah program eksplorasi ruang angkasa yang bersifat real time yang memungkinkan pengguna untuk terbang melintasi alam semesta secara detail dan menakjubkan. Anda dapat memilih planet, bulan atau apa pun di tata surya, bintang-bintang kemudian melakukan aksi berputar, zoom atau melihat dari jarak dekat maupun jauh, semua dengan hanya beberapa klik mouse atau sentuhan keyboard. Celestia adalah program simulasi bagi siapa saja yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang alam semesta kita, dirancang secara teliti untuk menjaga akurasi ilmiah sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang otentik.



Meskipun Celestia secara tersendiri sudah merupakan program yang hebat, tapi masih bisa ditambah pula dengan berbagai program add ons, yang merupakan program yang bisa didownload dan diinstall dari beberapa situs pendukung. Program add ons tersebut semacam wisata pendidikan tambahan di luar angkasa dengan konten baru, seperti planet baru dan bahkan spacecrafts atau wahana antariksa.

Software ini dilengkapi pula dengan manual panduan yang komprehensif Anda yang bisa didownload yang akan membahas semua seluk-beluk program. Hal-hal seperti bagaimana untuk menavigasi melalui sistem surya, bagaimana mengubah pengaturan atau opsi dan bagaimana menggunakan tools dan fiture program yang lebih baik.

Adapula fasilitas Forum di website yang memiliki lebih dari 4.600 anggota di papan pesan mereka, yang mencakup hampir setiap topik yang bisa dibayangkan. Jika Anda memerlukan bantuan dengan add on, datang ke sini. Jika Anda ingin melihat bagaimana menggunakan ini sebagai alat pendidikan, pergi ke forum. Jika Anda tidak melihat posting untuk sesuatu yang Anda tertarik, cukup memulai thread baru dan seseorang akan menjawab Anda segera.

Fitur-fitur yang dimiliki program Celestia antara lain:

  1. Mempelajari ukuran luar biasa dan besarnya alam semesta kita langsung dengan perjalanan dari permukaan bumi ke bagian terjauh dari alam semesta yang bisa kita amati kami dan melakukannya dengan kecepatan yang fantastis.
  2. Mengambil posisi stasiun di matahari dan menonton jilatan api matahari atau menghitung bintik matahari sebagaimana halnya mengukur periode rotasi.
  3. Melayanglah di atas setiap planet dalam tata surya kita ketika mereka berputar perlahan-lahan di bawah Anda. Lihat awan yang melayang dan bayangan yang dihamparkan oleh gunung dan kawah saat matahari terbenam rendah.
  4. Terbang bersama dengan Mariner 10 dalam penerbangan bersejarah dekat Merkurius.
  5. Kunjungi permukaan Venus yang membakar dan melihat 360 panorama dari permukaan.
  6. Berputar di atas permukaan bumi dalam pesawat ruang angkasa sendiri, kemudian kembali melambung ke ruang angkasa untuk melihat lampu menyala di kota-kota Bumi.
  7. Menumpang dalam Apollo 11 untuk mendarat di bulan pada tahun 1969 atau Sputnik 1 pada tahun 1958 tak lama setelah peluncuran.
  8. Perjalanan dari permukaan bumi sampai ke tempat pertemuan dengan Stasiun Antariksa Internasional atau Hubble Space Telescope. Mencoba melakukan docking yang sulit di pelabuhan Shuttle ISS.
  9. Temukan Mir saat melewati tanah air Rusia dengan awak kosmonot di atasnya.
  10. Berdiri menonton di tahun 2029 ketika sebuah asteroid baru akan mendekati Bumi pada jalur yang memungkinkan tabrakan. 
  11. Mengamati gerhana bulan yang spektakuler dan gerhana matahari total di Bumi.
  12. Posisikan diri Anda di atas Jupiter dan menyaksikan bulan yang besar melayang di seluruh muka planet ini.
  13. Periksa gunung berapi aktif di bulan Jupiter ketika Anda melewati di atasnya.
  14. Melintasi Saturnus, menghitung banyak bulan yang berputar di sekitar tubuhnya yang bercincin indah seperti kalung mutiara yang berputar-putar.
  15. Terlibat dalam manuver berbahaya dan terjun melalui cincin Saturnus di angkasa Celestia.
  16. Perjalanan ke gurun beku dari Pluto dan melihat lingkungan dingin bekunya.
  17. Berdirilah di belakang komet Halley pada tahun 1986 dengan aliran gas yang keluar dari ekornya ketika berada di dekat Bumi.
  18. Mencari Planet 10, Sedna dan Quaoar, sebagai anggota yang terbaru dari Tata Surya.
  19. Terbang ke tepi tata surya kita dan mengikuti Voyagers 1 dan 2 dalam perjalanan satu arah ke bintang-bintang jauh.
  20. Pengalaman bertemu dengan asteroid Gaspra.
  21. Mengatur wahana antariksa Anda pada kecepatan lebih cepat dari cahaya dan berlayar ke Rigel Kentaurus A, terletak 4,3 tahun cahaya jauhnya.
  22. Perjalanan jauh ke masa depan dan bertemu dengan Space Station kolosal berputar saat mengorbit bumi.
  23. Perjalanan ke tepi Lubang Hitam besar berputar seperti berputar di dekat bintang pendampingnya, menyaksikan Black Hole menelan bintang pendampingnya.
  24. Perjalanan ke jantung Betelgeuse, bintang super raksasa yang akan hypernova suatu hari nanti.
  25. Mengamati sendiri galaksi yang mendalam yang difoto oleh teleskop angkasa Hubble.
  26. Melompat ke luar galaksi Bima Sakti kita dan kunjungi lebih dari sepuluh ribu galaksi.
  27. Perjalanan mundur dalam waktu empat miliar tahun untuk menyaksikan planet "Orpheus" serempak bertabrakan dengan bumi untuk benar-benar membentuk bulan kami.
  28. Pelajari upaya apa yang diambil untuk melacak adanya makhluk cerdas di luar bumi kita.


Anda bisa mendapatkan Celestia sekarang dan bergabung dengan 2,7 juta orang lebih di lebih dari 25 negara melintasi sistem tata surya kita.

Download software planetarium mini Celestia di sini atau pesan CD Celestia sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar